17
Feb
09

SAP: STRATEGI PEMBELAJARAN

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP):  STRATEGI  PEMBELAJARAN

Matakuliah:  Strategi Pembelajaran
Semester:  2 sks
Jurusan/Program Studi:  BK, Pend Mat, Bio, Fis, Sej, Ek, Inggris
Dosen Pengampu:  Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UM METRO 2009


I.    Deskripsi Perkuliahan

Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai upaya menata faktor eksternal agar terjadinya pembelajaran yang efektif, efisien dan berarah tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Pengenalan taksonomi variabel dalam pembelajaran, Pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan karakteristik bahan ajar serta upaya penetapan strategi pembelajarannya. Menganalisis kasus-kasus strategi pembelajaran di kelas.

II.    Tujuan  Perkuliahan

a. Kompetensi Umum

Setelah berakhirnya semester ketiga mahasiswa FKIP UM. Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:
(1) melakukan penataan komponen ekstenal untuk mendukung terjadinya pembelajaran efektif, efisien dan berarah tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal (2) Mengidentifikasi taksonomi variabel dalam pembelajaran (3) Mengidentifikasi karakteristik internal peserta didik (4) Pengenalan konsep strategi pembelajaran (2) Klasifikasi strtegi pembelajaran (3) Aplikasi model dan strategi pembelajaran (3) Variabel strategi pembelajaran (4) Menelaah kasus-kasus pembelajaran di kelas dan upaya strategi pembelajarannya.

b. Kompetensi Khusus

Setelah berakhirnya semester ketiga mahasiswa FKIP UM Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:

1.    Menjelaskan Konsep Strategi  Pembelajaran
2.    Mengidentifikasi taksonomivariabel  Pembelajaran
3.    Mengidentifikasi karakteristik internal peserta didik
4.    Pengelanan Konsep-konsep pembelajaran
5.    Sistem Pembelajaran dalam Standar  proses Pendidikan
6.    Strategi Pembelajaran  yang berorientasi pada Aktivitas Peserta Didik
7.    Strategi Pembelajaran Ekspositori (SPE)
8.    Strategi Pembelajaran Inkuiri
9.    Strategi Pembelajaran  Berbasis Masalah
10.    Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB)
11.    Strategi Pembelajaran Kooperatif
10.   Strategi Pembelajaran Kontekstual
11.   Pemanfaatan Sumber Belajar  dalam Pembelajaran
12.   Pembelajaran Induktif dan Pembelajaran Deduktif
13.   Pembahasan Kasus pembelajaran di kelas

III.    Kegiatan Perkuliahan

Matakuliah ini dibina oleh tim dosen yang akan datang secara bersamaan   dan atau bergantian, metode yang digunakan yaitu:

a.    Ceramah dan tanya jawab
b.    Penugasan    secara kelompok dan presntasi atas hasil penelusuran dan kajian, terhadap strategi pembelajaran yang ditetapkan.
c.    Penugasan secara kelompok untuk melakukan observasi lapangan terhadap praktek pembelajaran di kelas.
d.    Penugasan secara individual untuk penelusuran sumber-sumber strategi pembelajaran.

IV.    Evaluasi

Kreteria:
a.     Kreteria evaluasi untuk tugas kelompok  dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis dan evaluasi serta presentasi hasil kajian dan penelusuran.
b.    Kreteria hasil evaluasi tugas individu adalah dari aspek: konsep dasar, dan relevansi dalam kegiatan pembelajaran
c.    Penelusuran sumber, kesimpulan dan komentar atas sumber yang ditelusuri.
a.     Presentasi kelompok ditinjau dari: teknik penyajian, cara menanggapi      saran, pertanyaan dan membuat kesimpulan.

Hasil Evaluasi:

Hasil evaluasi merupkan komulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 25 %, tugas kelompok. 15 %, Ujian Tengah Semester 20 % dan Ujian Akhir Semester  40 %.

Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:
A. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 5 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

.

B. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok satu sebelum tanggal yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

.

C. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok tepat waktu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
.

D   Jika hadir mengikuti perkuliahan kurng dari  70 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 5 hari dan kelompok tepat waktu yang telah ditentukan, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
.

E. Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari  60 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 10 hari dari waktu yang ditentukan dan  mengumpul tugas kelompok terlambat 1 minggu dari telah ditentukan, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
.

V.    Jabaran kegiatan Perkuliahan dalam  Pertemuan

aaaaaa

***

About these ads

8 Responses to “SAP: STRATEGI PEMBELAJARAN”


  1. 1 Ai Sri
    September 13, 2012 at 2:17 pm

    terima kasih Bapak, saya dari prodi bahasa dan sastra Indonesia, mohon ijin untuk mengutip bebepara konsep dari Bapak, semoga menjadi amal baik

  2. 2 sri rahayu
    September 12, 2011 at 9:42 am

    terima kasih Pak, saya mohon izin untuk mengutip beberapa materi bapak , semoga jadi amal ibadah yang langgeng amin

  3. 3 ammi
    March 26, 2011 at 11:02 am

    pak saya mahasiswa dari pgri palembang buku tentang strategi pembelajaran peningkatan berpikir (sppkb)disini gak ada di perdagangkan
    ammi boleh minta tolong kirimin data tentang (sppkb)
    terima kasih sebelumnya

  4. 4 rio
    April 27, 2010 at 3:42 am

    assalamualaikum

    pak saya rio mahasiswa UM metro fkip biologi…
    saya minta materi tentang setrategi pembelajaran…

  5. 5 yoyoh rokayah
    March 4, 2010 at 4:45 am

    assammualaikum wr.wb…
    nama : yoyoh rokayah
    npm : 08311144
    prodi: prodi matematika

    pak sistem presentasinya sama dengan yang semeter 3 kmren kan?

  6. 6 tata
    March 2, 2009 at 1:11 pm

    pak saya minta materi perkuliyahan minggu depan
    dari mahasiswa UM Metro fkip ekonomi

  7. 7 ALIFAH ADHASARI
    March 1, 2009 at 3:16 am

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Nama :ALIFAH ADHASARI
    NPM :07320801
    Prody :BIOLOGI
    Semester :IV

    Prof. Izin bertanya tentang pengarang buku yang berhubungan dengan materi presentasi yang ke2 yaitu Strategi Pembelajaran Ekspositori (SPE), karena saya memerlukan 2 pengarang lagi sebagai rujukan dalam pembuatan makalah presentasi. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  8. 8 Ana
    February 21, 2009 at 3:59 am

    assalamualaikum, bapak saya ana dari prodi Mtk, mw tanya teori tentang strategi pembelajaran, saya tadi sdh mencari ta gk ada. terus nilai akhir semesternya dmn y pak. sebelumnya terimakasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


karwono

a

KALENDER

February 2009
M T W T F S S
« Sep   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Klik tertinggi

  • None

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: