By karwono

1.jpg

BIODATA KARWONO

Prof.Dr. H. Karwono, M.Pd,  lahir di  Trimurjo Lampung    Tengah, 25 Maret 1953, dosen PNS Kopertis Wilayah II dpk pada UM. Metro. Nip. 131 634677.  Menyelesaikan pendidikan di SD (1966), SMP (1969), SPG  (1972), di Metro dan S1 Jurusan Administrasi Pendidikan di FKIP UNILA (1983) Bandar Lampung.  Melanjutkan studi S2 pada Progrm Studi Teknologi Pembelajaran IKIP Malang (UNM) dan mendapat kesempatan melanjutkan studi di S3 pada Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana  Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Profesi sebagai guru ditekuni sejak tahun 1986 sebagai staf pengajar pada Kopertis Wilayah II dpk pada FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pernah menjabat sebagai Ketua Program Studi Administrasi Pendidikan, Ketua Juruan Ilmu Pendidikan pada FKIP UM Metro, Pembantu Rektor I UM Metro dua  periode (1995 -1999 dan 1999 –  2003).

Di samping itu tahun 1998 – 2002 menjadi Urban Management Advisor (UMA) pada Program Breakthrough Urban Initiatives for Local Development (BUILD)-UNDP INS/97/018. Tahun 2004 sebagai Facilitator Capacity Building Need Assessment (CBNA) Support for Decentralization Measures (SfDM) – GTZ – German. Tahun 2005 sebagai HRD Specialist pada Sustainable Capacity Building Decentralization Project (SCBDP) – ADB LOAN 1964 – INO.   Deputy Team Leader Field Team East  SCBDP – ADB LOAN 1964 – INO, dan Senior Fasilitator pada Project ALGAP II -GTZ German di Banda Aceh, (2006 s/d sekarang).

Penelitian terakhir yang ditangani adalah: “Pengembangan Model Pendidikan Multikultural SMA Negeri Daerah Kawasan Pantai Provinsi Lampung” (Penelitian Hibah Bersaing).


51 Responses to “BIODATA KARWONO”


  1. 1 media ikayovi
    October 22, 2014 at 8:51 am

    Nama : Media Ikayovi
    Kelas : 17ED
    NIM : 14611011140
    MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM)
    A. DEFINISI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
    Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup tenaga kerja baik karyawan, pegawai, buruh, manajer dan lainnya untuk dapat menunjang aktivitas perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Bagian atau unit yang biasanya mengurusi SDM adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department bahkan ada yang menyebutnya HCD atau Human Capital Division. Menurut A.F. Stoner manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.
    Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik. Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua keputusan dan praktik manajemen yang memengaruhi secara langsung sumber daya manusianya.

    Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Menurut Para Ahli

    Berikut ini adalah pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) menurut para ahli:
    Menurut Edwin B. Flippo Manajemen Sumber Daya Manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan kegiatan-kegiatan pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pelepasan sumber daya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu, organisasi dan masyarakat

    Menurut Achmad S. Rucky MSDM adalah penerapan secara tepat dan efektif dalam proses akusis, pendayagunaan, pengemebangan dan pemeliharaan personil yang dimiliki sebuah organisasi secara efektif untuk mencapai tingkat pendayagunaan sumber daya manusia yang optimal oleh organisasi tersebut dalam mencapai tujuan-tujuannya.

    Menurut Fisher et.al (1993,h.5) mendefinisikan : Human Resources Management (HRM) involves all management decisions and practices that directly affect or influence the people, or human resources who work for the organization. (MSDM melibatkan semua keputusan dan praktek manajemen yang berdampak langsung atau berpengaruh ke semua orang, atau sumber daya manusia yang bekerja bagi organisasi).

    Menurut Fustino Cardoso Gomes (2002:3), memberikan pengartian yang berbeda, bahwa MSDM adalah : “Suatu gerakan pengakuan terhadap pentingnya unsur manusia sebagai sumber daya yang cukup potensial yang perlu dikembangkan sedemikian rupa sehingga mampu memberikan kontribusi yang maksimal bagi organisasi dan bagi pengembangan dirinya”.

    Menurut Gary Dessler (1997,h.2) adalah kebijakan dari praktik yang dibutuhkan seseorang untuk menjalankan aspek “orang” atau SDM dari posisi seorang manajemen, meliputi perekrutan, penyaringan, pelatihan, pengimbalan dan penilaian.
    Menurut Gouzali Saydam (2000, h. 4), Manajemen Sumber Daya Manusia terdiri dari dua kata yaitu : manajemen dan sumber daya manusia. Manajemen berasal dari kata to manage yang berarti mengelola, menata, mengurus, mengatur atau mengendalikannya. Dengan demikian manajemen pada dasarnya dapat diterjemahkan menjadi pengelolaan, penataan, pengurusan, pengaturan atau pengendalian. Sedangkan sember daya manusia semula merupakan terjemahan dari human recources. Namun ada pula para ahli yang menyamakan SDM dengan manpower atau tenaga kerja, bahkan sebagian orang menyetarakan pengertian SDM dengan personnel (personalia, kepegawaian dan sebagainya).

    Dari sisi pekerjaan terdiri dari analisis dan evaluasi pekerjaan. Sedangkan dari sisi pekerja meliputi kegiatan-kegiatan pengadaan tenaga kerja, penilaian prestasi kerja, pelatihan dan pengembangan, promosi, kompensasi dan pemutusan hubungan kerja.

    Dengan definisi di atas yang dikemukakan oleh para ahli tersebut menunjukan demikian pentingnya manajemen sumber daya manusia di dalam mencapai tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat. Unsur manajemen (Tool of management), biasa dikenal Market/ marketing, pasar.

    B. Analisis Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia

    a. Model Manajemen Sumber Daya Manusia

    Di dalam memahami berbagai permasalahan pada manajelen sumber daya manusia dan sekaligus dapat menentukan cara pemecahannya perlu diketahui lebih dahulu model- model yang digunakan oleh perusahaan kecil tidak bias menerapkan model yang biasa digunakan oleh perusahaan besar. Demikian pula sebaliknya. Dalam perkembangan model- model ini berkembang sesuai dengan situasi dan kondisi serta tuntutannya.
    Untuk menyusun berbagai aktifitas manajemen sumber daya manusia ada 6 (enam) model manajemen sumber daya manusia yaitu:

    1. Model Klerikal
    Dalam model ini fungsi departemen sumber daya manusia yang terutama adalah memperoleh dan memelihara laporan, data, catatan-catatan dan melaksanakan tugas-tugas rutin. Fungsi departemen sumber daya manusia menangani kertas kerja yang dibutuhkan, memenuhi berbagai peraturan dan melaksanakan tugas-tugas kepegawaian rutin.

    2. Model Hukum
    Dalam model ini, operasi sumber daya manusia memperoleh kekutannya dari keahlian di bidang hukum. Aspek hukum memiliki sejarah panjang yang berawal dari hubungan perburuhan, di masa negosiasi kontrak, pengawasan dan kepatuhan merupakan fungsi pokok disebabkan adanya hubungan yang sering bertentangan antara manajer dengan karyawan.

    3. Model Finansial
    Aspek pinansial manajemen sumber daya manusia belakangna ini semakin berkembang karena para manajer semakin sadar akan pengaruh yang besar dari sumber daya manusia ini meliputi biaya kompensasi tidak langsung seperti biaya asuransi kesehatan, pension, asuransi jiwa, liburan dan sebagainya, kebutuhan akan keahlian dalam mengelola bidang yang semakin komplek ini merupakan penyebab utama mengapa para manajer sumber daya manusia semakin meningkat.

    4. Model Manjerial
    Model manajerial ini memiliki dua versi yaitu versi pertama manajer sumber daya manusia memahami kerangka acuan kerja manajer lini yang berorientasi pada produktivitas. Versi kedua manajer ini melaksanakan beberpa fungsi sumber daya manusia. Departemen sumber daya manusia melatih manajer lini jdalam keahlian yang diperlukan untuk menangani fungsi-fungsi kunci sumber daya manusia seperti pengangkatan, evaluasi kinerja dan pengembangan. Karena karyawan pada umumnya lebih senang berinteraksi dengan manajer mereka sendiri disbanding dengan pegawai staf, maka beberapa departemen sumber daya manusia dapat menunjukan manajer lini untuk berperan sebagai pelatih dan fasilitator.

    5. Model Humanistik
    Ide sentral dalam model ini adalah bahwa, departemen sumber daya manusia dibentuk untuk mengembangkan dan membantu perkembangan nilai dan potensi sumber daya manusia di dalam organisasi. Spesialis sumber daya manusia harus memahami individu karyawan dan membantunya memaksimalkan pengembangan diri dan peningkatan karir. Model ini menggabarkan tumbuhnya perhatian organisasi terhadap pelatihan dan pengembangan karyawan mereka.

    6. Model Ilmu Perilaku
    Model ini menganggap bahwa, ilmu perilaku seperti psikologi dan perilaku organisasi merupakan dasar aktivitas sumber daya manusia. Prinsipnya adlah bahwa sebuah pendekatan sains terhadap perilaku manusia dapa diterpkan pada hampir semua permasalahan sumber daya manusia bidang sumber daya manusias yang didasarkan pada prinsip sains meliputi teknik umpan balik, evaluasi, desain program dan tujuan pelatihan serta manajemen karir.

    b. Fungsi manajemen

    1. Perencanaan
    Perencanaan adalah usaha sadar dalam pengambilan keputusan yang telah diperhitungkan secara matang tentang hal-hal yang akan dikerjakan di masa depan dalam dan oleh suatu organisasi dalam rangka pencapaian tujuan yang telah dilakukan sebelumnya.

    2. Rekrutmen
    Menurut Schermerhorn, 1997 Rekrutmen (Recruitment) adalah proses penarikan sekelompok kandidat untuk mengisi posisi yang lowong. Perekrutan yang efektif akan membawa peluang pekerjaan kepada perhatian dari orang-orang yang berkemampuan dan keterampilannya memenuhi spesifikasi pekerjaan.

    3. Seleksi
    Seleksi tenaga kerja adalah suatu proses menemukan tenaga kerja yang tepat dari sekian banyak kandidat atau calon yang ada. Tahap awal yang perlu dilakukan setelah menerima berkas lamaran adalah melihat daftar riwayat hidup / cv / curriculum vittae milik pelamar. Kemudian dari cv pelamar dilakukan penyortiran antara pelamar yang akan dipanggil dengan yang gagal memenuhi standar suatu pekerjaan. Lalu berikutnya adalah memanggil kandidat terpilih untuk dilakukan ujian test tertulis, wawancara kerja / interview dan proses seleksi lainnya.

    4. Orientasi, Pelatihan dan Pengembangan
    Pelatihan (training) merupakan proses pembelajaran yang melibatkan perolehan keahlian, konsep, peraturan, atau sikap untuk meningkatkan kinerja tenaga kerja. (Simamora:2006:273). Menurut pasal I ayat 9 undang-undang No.13 Tahun 2003. Pelatihan kerja adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat ketrampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan dan pekerjaan.

    Pengembangan (development) diartikan sebagai penyiapan individu untuk memikul tanggung jawab yang berbeda atau yang Iebih tinggi dalam perusahaan, organisasi, lembaga atau instansi pendidikan, Menurut (Hani Handoko:2001:104) pengertian latihan dan pengembangan adalah berbeda. Latihan (training) dimaksudkan untuk memperbaiki penguasaan berbagal ketrampilan dan teknik pelaksanaan kerja tertentu, terinci dan rutin. Yaitu latihan rnenyiapkan para karyawan (tenaga kerja) untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan sekarang. Sedangkan pengembangan (Developrnent) mempunyai ruang lingkup Iebih luas dalam upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, sikap dlan sifat-sifat kepribadian.

    5. Evalauasi Kinerja
    Evaluasi sama pentingnya dengan fungsi-fungsi manajemen lainnya, yaitu perencanaan, pengorganisasian atau pelaksanaan, pemantauan (monitoring) dan pengendalian. Terkadang fungsi monitoring dan fungsi evaluasi, sulit untuk dipisahkan. Penyusunan sistem dalam organisasi dan pembagian tugas, fungsi serta pembagian peran pihak-pihak dalam organisasi, adakalanya tidak perlu dipisah-pisah secara nyata. Fungsi manajemen puncak misalnya, meliputi semua fungsi dari perencanaan sampai pengendalian. Oleh karena itu, evaluasi sering dilakukan oleh pimpinan organisasi dalam suatu rapat kerja, rapat pimpinan, atau temu muka, baik secara reguler maupun dalam menghadapi kejadian- kejadian khusus lainnya.
    Sebagai bagian dari fungsi manajemen, fungsi evaluasi tidaklah berdiri sendiri. Fungsi-fungsi seperti fungsi pemantauan dan pelaporan sangat erat hubungannya dengan fungsi evaluasi. Di samping untuk melengkapi berbagai fungsi di dalam fungsi-fungsi
    manajemen, evaluasi sangat bermanfaat agar organisasi tidak mengulangi kesalahan yang sama setiap kali.

    6. Kompensasi
    Pemberian balas jasa langsung dan tidak langsung berbentuk uang atau barang kepada karyawan sebagai imbal jasa( output) yang diberikannya kepada perusahaan. Prinsip Kompensasi adalah adil dan layak sesuai prestasi dan tanggung jawab.

    7. Pengintegrasian
    Kegiatan untuk mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan, sehingga tercipta kerjasama yang serasi da saling menguntungkan.

    8. Pemeliharaan
    Kegiatan untuk memelihara atau meningkatkan kondisi fisik, mental dan loyalitas karyawan agar tercipta kerjasama yang panjang.

    9. Pemberhentian
    Pemutusan hubungan kerja adalah pengakhiran hubungan kerja karena suatu hal tertentu yang mengakibatkan berakhirnya hak dan kewajiban antar pekerja dan pengusaha. Sedangkan menurut Moekijat mengartikan bahwa Pemberhentian adalah pemutusan hubungan kerjas seseorang karyawan dengan suatu organisasi perusahaan.

    C. KESIMPULAN DEFINISI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

    a. Tujuan Sosial
    Tujuan sosial manajemen sumber daya manusia adalah agar organisasi atau perusahaan bertanggungjawab secara sosial dan etis terhadap keutuhan dan tantangan masyarakat dengan meminimalkan dampak negatifnya.

    b. Tujuan Organisasional
    Tujuan organisasional adalah sasaran formal yang dibuat untuk membantu organisasi mencapai tujuannya.

    c. Tujuan Fungsional
    Tujuan fungsional adalah tujuan untuk mempertahankan kontribusi departemen sumber daya manusia pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

    d. Tujuan Individual
    Tujuan individual adalah tujuan pribadi dari tiap anggota organisasi atau perusahaan yang hendak mencapai melalui aktivitasnya dalam organisasi.

  2. 2 LISBET
    October 21, 2014 at 7:46 am

    NAMA : LISBET SIANTURI
    NIM : 14611011138
    KELAS : 17ED
    SEMESTER : 1 ( SATU )
    MATA KULIAH : MSDM
    DOSEN : Prof. Dr. H.KARWONO M.pd

    TUGAS
    MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
    ( MSDM )

    Universitas Saburai Bandar Lampung

    PENGERTIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
    Definisi Manajemen Sumber daya manusia ( MSDM ) adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya ( tenaga kerja ) yang di miliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan bersama perusahaan, karyawan, dan masyarakat menjadi maksimal.
    Manajemen Sumber Daya Manusia juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan , penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja , kompensasi karyawan, dan hubungan ketenagakerjaan yang baik. Manajemen Sumber Daya Manusia melibatkan semua keputusan dan praktek menajemen yang mempengaruhi secara langsung sumber daya manusia nya.
    Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) menurut Mary Parker Follett adalah suatu seni untuk mencapai tujuan tujuan organisasi melalui peraturan orang lain untuk melaksanakan berbagai pekerjaan yang diperlukan , atau dengan kata lain tidak melakukan pekerjaan pekerjaan itu sendiri.
    Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) menurut Marwansyah adalah pendayagunaan sumber daya manusia didalam organisasi , yang dilakukan melalui fungsi-fungsi perencanaan sumber daya manusia , rekrutmen dan seleksi, pengembangan sumber daya manusia , perencanaan dan pengembangan karier , pemberian kompensasi dan kesejahteraan , keselamatan dan kesehatan kerja , dan hubungan industrial .
    Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) menurut Sastrohadiwiryo menggunakan istilah manjemen tenaga kerja sebagai pengganti manajemen sumber daya manusia . menurutnya manajemen tenaga kerja merupakan pendayagunaan , pembinaan , pengaturan, pengurusan, pengembangan unsur tenaga kerja, baik yang berstatus sebagai buruh , karyawan , maupun pegawai dengan segala kegiatanya dalam usaha mencapai hasil guna dan dayaguna yang sebesar besarnya , sesuai dengan harapan usaha perorangan , badan usaha , perusahaan , Lembaga , maupun Instansi .
    Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) menurut Henry Simamora adalah sebagai pendayagunaan , pengembangan , penilaian , pemberian balasan jasa dan pengelolaan terhadap individu anggota organisasi atau kelompok bekerja . MSDM juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan personalia, pengembangan karyawan , pengelolaan karier , eveluasi kerja , kompensasi karyawan dan hubungan pemburuhan yang mulus .
    Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) menurut Hadari Nawawi adalah proses pendayagunaan manusia sebagai tenaga kerja secara manusiawi agar potensi fisik dan psikis yang dimiliki berfungsi maksimal bagi tercapainya tujuan perusahaan.

    ANALISIS PEKERJAAN DALAM
    MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA ( MSDM )
    Organisasi pada dasarnya merupakan kerja sama dua orang atau lebih dalam rangka mencapai tujuan . Dalam mecapai tujuanya , organisasi memerlukan berbagai macam sumber daya. Mulai dari sumber daya manusia , peralatan , mesin , keuangan , dan sumber daya informasi. Setiap sumber daya memiliki tugas dan fungsinya masing-masing . sebagai suatu sistem , sumber daya-sumber daya tersebut akan berinteraksi dan saling bekerja sama sehingga tujuan dapat tercapai dengan efektif dan efisien . Sumber daya manusia menggunakan sumber daya-sumber daya lain yang dimiliki oleh organisasi dalam rangka mencapai tujuan . Mesin-mesin berteknologi canggih sekalipun tidak akan ada artinya , jika sumber daya manusia yang menjalankanya tidak berkualifikasi untuk mengerjakanya . Demikian juga dengan sumber daya informasi. Sebaik dan selengkap apapun informasi yang diterima oleh organisasi, tidak akan berarti apa-apa jika kualitas sumber daya manusia yang ada tidak mampu menerjemahkanya menjadi informasi yang berguna bagi perkembangan dan kemajuan oragnisasi.
    Salah satu kegiatan penting yang dilakukan dalam manajemen sumber saya manusia khususnya dalam fungsi perencanaan yaitu analisis pekerjaan dengan menganalisis pekerjaan, akan diketahui tugas-tugas apa yang akan dilakukan dalam pekerjaan itu , apa kompetensi-kompetensi yang harus dikuasai oleh sumber daya manusia yang akan menduduki posisi itu.
    Salah satu kegiatan yang memiliki peranan penting dalam MSDM yaitu analisis jabatan. menurut Dale yonder analisis jabatan adalah suatu prosedur untuk memperoleh informasi jabatan secara sistematis . Dalam melaksanakan analisis jabatan ada beberapa prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan yaitu :
    1. Proses analisis jabatan dilakukan untuk memahami tanggung jawab pada setiap jabatan dan kontribusi hasil jabatan tersebut terhadap pencapaian hasil atau tujuan organisasi .
    2. Objek dalam kegiatan analisis ini adalah jabatan , bukanlah si pemegang jabatan yang memangku jabatan tersebut. Meskipun data diperoleh dari si pemegang jabatan melalui pengamatan , wawancara , produk yang menjadi hasil analisis jabatan adalah berupa uraian jabatan atau spesifikasi jabatan , bukan suatu uraian tentang orang (Description of the person).
    3. Jabatan yang akan di deskripsikan kedalam uraian jabatan merupakan jabatan yang sesuai dengan struktur organisasi pada saat ini .
    Hasil dari analisis jabatan yaitu berupa uraian jabatan dan spesifikasi jabatan . Uraian jabatan adalah uraian tentang informasi dan karakteristik jabatan yang membedakan antara satu jabatan dengan jabatan lainya . Sementara spesifikasi jabatan adalah kualifikasi yang harus dipenuhi untuk menduduki suatu jabatan seperti pendidikan , pelatihan , pengalaman kerja , uraian jabatan dan spesifikasi jabatan inilah yang kemudian dijadikan landasan dalam MSDM lainya diantaranya sebagai landasan untuk melakukan evaluasi jabatan , rekrutmen , seleksi , pelatihan , promosi , penempatan pegawai baru dan menentukan standar hasil kerja seseorang serta merencanakan perubahan dalam organ
    KOMPONEN-KOMPONEN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
    Beberapa Komponen Manajamen Sumber Daya Manusia antara lain :
    1. Pengusaha
    Yaitu setiap orang yang menginvestasikan modalnya untuk memperoleh pendapatan dan besarnya pendapatan itu tidak menentu tergantung pada laba yang dicapai organisasi tersebut .
    2. Karyawan
    Yaitu penjual jasa ( pikiran dan tenaga ) yang mendapatkan kompensasi yang besarnya telah ditetapkan terlebih dahulu. Karyawan berperan aktif dalam menetapkan rancangan , sistem , proses dan tujuan yang akan dicapai . Karyawan juga merupakan kekayaan utama dalam organisasi tanpa keikutsertaan mereka aktifitas organisasi tidak akan terjadi .
    Posisi karyawan dalam organisasi dapat dibedakan menjadi :
    a. Karyawan Operasional
    Yaitu setiap orang yang secara langsung haus mengerjakan sendiri pekerjaanya sesuai perintah atasan .
    b. Karyawan Manajerial
    Yaitu setiap orang yang berhak memerintah bawahanya untuk mengerjakan sebagian dari pekerjaanya dan dikerjakan sesuai dengan perintahnya . Karyawan Manajerial juga dapat digolongkan manjadi dua komponen yaitu :
    • Manajerial unit yaitu pemimpin yang mempunyai wewenang lini , berhak dan bertanggung jawab langsung pada tujuan organisasi. Dalam pelaksanaanya manajerial lini sebaiknya menggunakan pendekatan social system dan technical system . Agar hubungan atasan dan bawahan berjalan harmonis dan mencapai hasil yang optimal .
    • Manajer Staff yaitu manajer yang hanya berhak memberikan saran dan pelayanan untuk memperlancar manejer lini . Manajer ini sebaiknya cooperatif social system approach ( kerja sama sosial ) .
    3. Pemimpin / Manajer
    Yaitu seorang yang menggunakan wewenang dan kepemimpinanya untuk mengarahkan orang lain serta bertanggung jawab atas pekerjaan orang tersebut dalam satu tujuan .

    Faktor faktor yang mendukung manejer dalam memimpin bawahanya :
    • Otoritas untuk melakukan coercive power , reward power , legitimate power , expert power , reference power.
    • Karyawan masih mempunyai kebutuhan yang sama , termasuk kebutuhan kerja.
    • Orang-orang yang mau bekerja sama dan hidup berkelompok karena keterbatasan fisik dan mental .
    • Orang-orang mau bekerja sama karena keinginan untuk mempertahankan hidup , berkuasa , mendapatkan pujian dan pengakuan .

    KESIMPULAN

    Kesimpulanya Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) diperlukan dalam konteks lingkungan yang kompleks dan terus berubah . Tiga komponen utama yang sangat penting dalam konteks tersebut adalah kepentingan strategis manajemen sumber daya mannusia dan lingkungan hukum dan social dalam manajemen sumber daya manusia .
    Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) sebenarnya adalah untuk meningkatkan dukungan sumber daya manusia dalam usaha mencapai tujuan . sedangkan manajemen adalash fungsi yang berhubungan dengan mewujudkan hasil tertentu melalui kegiatan orang-orang.
    Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) bisa didefinisikan sebagai proses serta upaya untuk merekrut mengembangkan memotivasi serta mengevaluasi keseluruhan sumber daya manusia yang diperlukan perusahaan dalam mencapai tujuanya . Fungsi-fungsi dari MSDM antara lain fungsi perencanaan, fungsi pengadaan , fungsi perkembangan , fungsi pemeliharaan , dan fungsi penggunaan .Dalam mempelajari MSDM ada tiga pendekatan yang sangat dapat dilakukan yaitu pendekatan mekanis , pendekatan paternalis , dan pendekatan sistem sosial .

  3. September 14, 2014 at 2:12 pm

    Assalamu’alaikum wr wb.

    Yth. dan yang saya banggakan Bapak Professor Karwono.

    Saya perkenalkan kembali, saya Gunanto, alumni UM Metro tahun 1999. Saya masuk kuliah angkatan 95 dari FKIP Jurusan Pend. MIPA Prog studi Matematika. Ada sebuah kenangan terindah antara saya dengan Bapak yang mungkin tidak pernah Bapak ketahui secara detail. Sungguh saya telah menguji Bapak waktu itu. Saya ingat, pada awal kuliah “Belajar dan Pembelajaran” bapak menyampaiakan tata tertib kuliah di ataranya yang saya ingat adalah kehadiran minimal 80% kali pertemuan terstruktur, mengikuti UTS, Ujian Akhir Semester, dan mengumpulkan “tugas karya tulis”. Jika hal tersebut dilakukan oleh mahasiswa Bapak, maka pasti lulus dengan nilai minimal “B”, tetapi jika salah satu tidak dipenuhi maka dipastikan nilai maksimal “D”.

    Saya termasuk mahasiswa yang rajin Pak, saya hadir 100%, lulus UTS, dan lulus Ujian Akhir Semester, tetapi saya “SENGAJA TIDAK” mengumpulkan “tugas karya tulis”, BAHKAN SAMPAI PERPANJANGAN WAKTU YANG DIBERIKAN, SAYA TETAP TIDAK MENGUMPULKAN TUGAS TERSEBUT. Saya sungguh waktu itu hanya ingin mengetahui apakah Bapak benar-benar akan memberi saya nilai E atau D. Ternyata saya salut dengan Bapak, pada akhir semester, Bapak memberi saya nilai “D”. Kenangan itu tidak pernah saya lupakan, hikmah yang saya ambil adalah keseriusan dan kekonsekuenan bapak yang kokoh sesuai aturan yang telah ditetapkan dan disampaikan pada awal kuliah, itu menjadi pelajaran yang saya nilai lebih berharga dari pada mata kuliah itu sendiri.

    Sungguh pak, jika waktu itu saya mau mengulang mata kuliah itu, saya yakin minimal saya bisa dapat B, tetapi sebagai tanda pengingat seumur hidup saya, maka saya biarkan nilai D itu tertulis abadi dalam TRANSKRIP AKADEMIK saya. Saya sangat bangga terhadap Bapak, keteguhan serta kejujuran Bapak dalam penilaian sering saya ceritakan kepada teman-teman saya sesama guru agar mereka meneladani Bapak.

    Saya selalu bangga dengan dosen-dosen UM Metro yang “luar biasa”.

    Saya mohon maaf jika terdapat tulisan saya di sini yang tidak berkenan.

    Wassalamu’alaikum wr wb.

    Gunanto

  4. 4 edy jasmanto
    May 30, 2012 at 3:46 am

    assalamualaikum, pak karwono saya mahasiswa bapak tahun 1996, semoga sehat selalu

  5. April 10, 2012 at 5:43 am

    pak karwono memang hebat…ajib deh pokok nya
    tapi ,sayang nya saya tidak teerlalu mengerti akan pendidikan.entah pendidikan yang selalu di dasari dengan tekanan mental dan ke otoriteran sang pengajar.namun inilah negeri q,sudah menjadi hal yang sangat wajar bila pendidikan memang harus mementingkan hal apapun dan tak peduli apapun, mengikuti apa yang di berikan secara penuh ,meskipun harus di dasari dengan pemikiran batin yang tinggi.bukan masalah siapa yang kuat dia lah yang menang,tp semua itu tentang siapa yang ikut dia lah yang menang..
    ini lah kata2 dari orang yang tak pernah tahu arti kata pendidikan,mudah2 an apa yang bapak ajarkan dapat di terima pikiran dan hati..

  6. 7 Muktiono Waspodo
    March 29, 2012 at 2:24 pm

    Bagaimana kabarnya Pak Karwono,,…….. ingat dengan saya Muktiono Waspodo,……
    Bersemangat untuk mencetus gagasan, kreatif dalam berupaya.

  7. 8 fitri
    March 24, 2012 at 4:53 am

    asalamualaikum,,,,
    apa kabar bapak..???

  8. March 22, 2012 at 1:34 am

    Assalammualaikum..

    Saya Widya semester akhir jurusan pendidikan bhs Inggris di UAD Jogja. Trima kasih Bapak telah menciptakan blog yang berisi informasi pendidikan. Blog ini sangat bermanfaat. Saya membaca beberapa artikel yang Bapak tulis, seperti PTK. Ini bisa saya jadikan pengetahuan baru mengenai skripsi yang saya ambil. Sekali lagi terima kasih Pak, semoga sukses selalu, aminnn..

    Wassalammualaikum..

  9. 10 Non Syafriafdi
    December 16, 2011 at 3:36 pm

    Aslmkm Prof, salam kenal, saya mhs S3 UNP Padang semester 1
    insyaallah akan mengampil konsentrasi TP
    mohon dukungannya, tq
    Sukses selalu buat Prof. Dr.Karwono, M.Pd
    Wassalam

  10. 11 Isna
    June 7, 2011 at 11:40 pm

    assalamualaikum
    maaf pak. ini isna mahasiswa BK UM Metro. mohon info alamat email bapak untuk mengirim tugas. trimakasih sebelumnya. wassalam wr wb

  11. 12 untung Moslem
    March 28, 2011 at 11:04 am

    Asslmlaikum…
    terima kasih bapak atas smua pelajaran yang bapak berikan kpada saya..
    ada kalanya salah dan ada kalanya benar…
    tapi itu semua akan saya jadikan cambuk untuk jadikan menjadi lebih baik…
    terima kasih bapak….

    wasslmlaikum…

    //FKIP UM Metro Prodi Pendidikan Matematika.

  12. 13 didit mardiyanto
    March 26, 2011 at 4:05 am

    Asslamumu ‘alaikum wr. wb.
    apa kabar pak Karwono……
    saya didit mardiyanto Mhs. Tek.Pend UNIB
    Mohon supportnya, saya lagi nyusun tesis
    Wassalam

  13. 15 Mardianto
    February 7, 2011 at 3:36 pm

    slamat ya prof.Karwono, M.Pd
    saya mardianto.
    semoga saudara saya dari metro seehat
    pak saya kasi tips ini:
    – menjelang usia kita yang semakin tua
    – jangan lupa banyak makan buah
    – buah apa saja khususnya yang masak di pohon
    – buah pisang boleh
    – buah nangka boleh juga
    – buah buahan itu lebih baik.
    – yang penting buah pak.
    – semoga bapak, teman, atau saudaraku sehat.

    satu lagi pak.
    mohon di motivasi teman kita S3 yang belum selesai:
    – Untung kabarnya sudah mau seminar hasil.
    – Yuriani tinggal ujian terbuka.
    – Jamalong wah….. terus minta toloooooong
    – ibu Triasningrum juga hilang
    – Nasarudin — sedikit lagi
    – Rofik – mungkin minggu depan terbuka
    – Evelin Siregar- sibuk sekretaris jurusan
    – Mardianto tentunya sudah doktor dong.

    ok pak Karwono. semoga benar benar menjadi Profesor (proposalnya sorga).
    he he he he.

  14. 16 Didit Mardiyanto
    June 27, 2010 at 1:49 pm

    Alhamdulillah jika memang Bapak mengikhlaskan, dan InsyaAllah saya adalah orang yang sangat memperhatikan hak atas kekayaan intelektual. Dan jika saya memanfaatkannya kelak, pasti hak Bapak sebagai penulis, akan sangat saya perhatikan. terimakasih.

  15. 17 Didit Mardiyanto
    June 21, 2010 at 6:48 pm

    Assalamu’alaikum Pak Prof.
    Terimakasih atas jawaban/tanggapan Bapak.
    Saya ingin meng-koleksi karya-karya Pak Prof berupa Karya Ilmiah, Jurnal Ilmiah, Artikel, Makalah Seminar, maupun karya Pak Prof. yang sudah di upload di Blogg. terimakasih
    Wassalam.

    • 18 karwono
      June 22, 2010 at 5:43 am

      Pada prinsipnya tulisan dalam blog dapat dimanfaatkan untukpublic, namun hak penulis tetap dijunjung tinggiseperti kutipn tetapmencantumkan nama penulis dll. Terimakasih semoga bermnfaat untuk dapat dikoleksi.

  16. 19 Didit Mardiyanto
    April 28, 2010 at 12:11 pm

    Assalamu’alaikum pak Prof.
    Salam kenal pak, saya mahasiswa S2 TP,FKIP UNIB saya sangat berharap kepada bapak agar bisa memberikan pencerahan tentang teknologi pendidikan kepada mahasiswa TP seperti saya ini,
    Wassalam.

  17. 21 idarbaiti
    April 25, 2010 at 7:24 am

    pak mohon bantuannya ya saya mau melanjutkan study juga nih pak.

  18. 22 idarbaiti
    April 25, 2010 at 7:22 am

    salut pak, saya mau nyusul nih. mohon bantuannya

  19. March 6, 2010 at 1:02 pm

    ass…pak sya muslim firdaus dari perodi sejarah universitas muhammadiyah metro lampung ingin brtanya lo’ ngirim tugas lewat email bapak,,,alamat email bapak apa????? terimaksih

  20. January 21, 2010 at 2:59 am

    TUGAS MANDIRI

    OBSERVASI PROSES PEMBELAJARAN
    PENDIDIKAN EKONOMI
    PADA
    SMP NEGERI 1 TRIMURJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

    MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
    DOSEN PENGAMPU Prof. Dr. H. KARWONO,M.Pd

    DISUSUN OLEH :

    NAMA : RACHMI SETYO ASIH
    NPM : 08130402
    PRODI : BIMBINGAN KONSELING

    FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
    UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
    2010

    KATA PENGANTAR

    Puji syukur kepada Alloh SWT. Karena berkat Rahmat dan hidayah-Nya penulis mampu menyelesaikan tugas makalah mata kuliah BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.

    Sholawat serta salam semoga tercurah kepada Qudwah Hasanah Rosululloh SAW.

    Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, kepada Prof. Dr. H. KARWONO,M.Pd selaku dosen pembimbing dan teman-teman program studi Bimbingan Konseling Universitas Muhammadiyah Metro.

    Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna,masih banyak kekurangan terdapat didalamnya. Karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif untuk kebaikan makalah selanjutnya. Akhirnya penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

    Metro, januari 2010

    RACHMI SETYO ASIH

    OBSERVASI LAPANGAN
    DI SMP NEGERI 1 TRIMURJO TENTANG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN EKONOMI

    Pertemuan Pertama

    Sekolah yang di observasi : SMP N 1 TRIMURJO
    Nama Guru Mata Pelajaran : Dra, Sri Hayatun
    Mata pelajaran yang diampu : Pendidikan Ekonomi
    Kelas yang di observasi : Kelas IX a
    Hari/ tanggal : Kamis, Januari 2010
    Waktu kegiatan observasi :

    DESKRIPSI KASUS ANALISIS
    Kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada hari ini merupakan kegiatan pembelajaran yang pertama yang dilakukan pada awal semester genap (semester dua) di akhir tahun pembelajaran peserta didik kelas IX, Ibu Sri Hayatun sebagai Wali kelas dan juga sebagai guru mata pelajaran Pendidikan Ekonomi di awal kegiatan pembelajaran sebelumnya melakukan pemeriksaan kehadiran siswa,kebersihan kelas dan kerapihan kelas, setelah itu Ibu Sri Hayatun meninjau kembali hasil prestasi para peserta didiknya apakah nilai yang telah didapat telah cukup memuaskan atau tidak, kemudian Ibu Sri Hayatun memberikan nasihat dan saran agar peserta didik dapat meningkatkan prestasinya agar dapat menghadapi ujian nasional yang akan dilalui serta memberikan doronngan dan motivasi. oleh peserta didik . Pijakan teorinya adalah teori konstruktivitas dimana guru berperan memberikan dukungan berupa saran dan motivasi yang memberikan kemudahan belajar agar peserta didik mempunyai peluang optimal untuk berlatih dalam proses pembelajaran.

    Setelah itu Ibu Sri Hayatun memulai materi pembelajaran dengan terlebih dahulu mengingat atau mengulas kembali sedikit pelajaran pada semester sebelumnya kepada peserta didik. Pembelajaran ini berpijak pada teori behaviorisme karena seperti yang dikemukakan oleh Skinner (Operant Conditioning) Setiap respon yang diikuti penguatan maka akan cenderung diulang kembali. Maka penguatan akan meningkatkan kecepatan respon.
    Setelah itu Ibu Sri Hayatun meminta siswa untuk membaca dan menyimak materi kerjasama Ekonomi antarnegara yang dipaparkan oleh ibu Sri Hayatun dengan menggunakan sumber buku. Pijakan tori pada saat ini adalah teori behavioristik dimana kegiatan kurikuler lebih banyak mengandalkan pada buku teks dan buku kerja yang sebelumnya telah dipersiapkan.
    Kemudian Ibu Sri Hayatun meminta peserta didik menjelaskan dampak terjadinya kerjasama ekonomi antarnegara dengan terlebih dahulu meberikan gambaran gambarannya,namun peserta didik cenderung pasif untuk menjawab dan menerangkannya yang kemudian dilanjutkan oleh Ibu Sri Hayatun. Yang apada akhirnya peserta didik dapat menyimpulkan apa yang telah ibu Sri Hayatun. Pijakan teori ini adalah teori behaviorisme dimana guru memberikan stimulus yang berupa rangsangan materi pembelajaran yang kemudian menghasilkan respon positif dari peserta didik yang di tunjkan dengan kemampuan peserta didik mapu memberikan kesimpulan dari materi yang telah disampaikan Oleh ibu Sri Hayatun.
    Guru memberikan pertanyaan pada peserta didik dengan melakukan diskusi interaktif

    Pembelajaran ini berpijak pada teori konstruktivistik dimana pembelajaran lebih menghargai pada pemunculan pertanyaan dan ide ide siswa
    Peserta didik diminta Memberikan kesimpulan bersama sama dari hasil diskusi
    Pijakan teorinya adalah tori kognotif karena pada model belajar kognitif mengatakan bahwa tingkah laku seseorang ditentukan oleh persepsi serta pemahamannya tentang situasi yang berhubungan dengan tujuan belajarnya
    Di akhir pembelajarn Ibu Sri Hayatun membentuk kelompok dimana masing masing kelompok diberi tugas untuk membuat suatu bentuk laporan tentang bentuk bentuk kerjasama regional yang dimulai dengan judul kerjasama regional ASEAN sebagai bahan untuk berdiskusi pada pertemuan berikutnya. Pijakan torinya adalah teori konstruktivistik karena peserta didik banyak belajar dan bekerja di dalam group proses.

    Pertemuan Kedua

    Sekolah yang di observasi : SMP N 1 TRIMURJO
    Nama Guru Mata Pelajaran : Dra, Sri Hayatun
    Mata pelajaran yang diampu : Pendidikan Ekonomi
    Kelas yang di observasi : Kelas IX a
    Hari/ tanggal : Kamis, Januari 2010
    Waktu kegiatan observasi :

    DESKRIPSI KASUS ANALISIS
    Di awal proses pembelajaran Ibu Sri Hayatun memeriksa keadiran siswa dan melakukan pengecekan kerapihan dan kebersihan kelas Kemudian ibu srihayatun memberikan motivasi kepada peserta didik untuk antusias dan belajar dengan lebih giat lagi untuk persiapan menghadapi ujian nasional dan ujuan akhir sekolah
    Pijakan teorinya adalah teori konstruktivitas dimana guru berperan memberikan dukungan berupa saran dan motivasi yang memberikan kemudahan belajar agar peserta didik mempunyai peluang optimal untuk berlatih dalam proses pembelajaran
    Kemudian ibu Sri Hayatun mempersiahkan siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi atau hasil kerja yang dilakukan secara berkelompok oleh peserta didik dan mengawasi berlangsungnya kegiatan diskusi.
    Pijakan torimya adalah teori konstruktivistik karena sebagai pengukuran proses dan hasil belajar siswa terjalin di dalam kesatuan kegiatan pembelajaran degan cara guru mengamati hal hal yang sedang dilakukan peserta didik
    Kemudian atas instruksi Ibu Sri Hayatun kelompok presentasi dipersilahkan membuka forum tanya jawab di kelas dengan mempersilahkan teman teman yang lainnya untuk bertanya kepada kelompoknya mengenai materi yang telah disampaikan. Dan kemudian terdapat beberapa siswa yang memberikan pertanyaan dan keompok penyaji materi dapat memberikan jawaban secara tepat dan memuaskan Berpijak pada teori konstruktivitas karena pembelajaran pada teori konstruktivitas lebih menghargai pada pemunculan pertanyaan dan ide ide yang dikeluarkan oleh peserta didik untuk menjawab pertanyaan dari teman yang telah bertanya secara tepat.
    Kemudian diskusi dihentikan dan penyaji membacakan kesimpulan dari materi asean yang telah dipaparkan sebelumnya.

    Teori pijakannya adalah teori belajar kognitif seperti yang dikemukakan oleh Ausabel yang mengatakan bahwa prose belajar terjadi jika seseorang mampu mengasimilasikan pengetahuan yang telah dimilikinya dengan pengetahuan baru dima proses belajar akan terjadi melalui tahap tahap memperhatikan stimulus, memahami makna stimulus, menyimpan dan menggunakan informasi yang sudah dipahami disini dapat dilihat dalam bentuk kesimpulan
    Ibu Sri Hayatun mempersilahkan kelompok yang presentasi kembali ke tempat duduknya masing masing dan memimpin siswa yang lain memberikan aplouse terhadap presentasi yang telah disajikan. keadaan ini berpijak pada teori behaviorisme yang merupakan penguatan sekunder yaitu merupakanpenguatan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan non fisik seperti pujian, pangkat, uang dan sejenisnya
    Kemudian Ibu sri hayatun memberikan komentar atas presentasi yang disajikan oleh siswa dan memberikan kesimpulan secara menyeluruh mengenai materi asean dan kemudian menutup kegiatan pembelajaran pada minggu ini.
    Pijakan teorinya adalah teori behavioristik yang sama dengan teori yang dikemukakan oleh Edwin Guthrie yang dimana dalam kegiatan belajar peserta didik perlu sesering mungkin diberikan stimulus agar hubungan antara stimulus dan respon bersifat lebih tetap dan lebih kuat dengan diberikannya kesimpulan oleh Ibu Sri Hayatun.

    KESIMPULAN

    Dari proses observasi yang telah dilakukan sebanyak dua kali pertemuan maka dapat disimpulkan bahwa Ibu Sri Hayatun dalam proses pembelajaran yang di terapknnya banyak mengambil dari teori belajar konstruktivistik dimana pembelajaran lebih menghargai pada pemunculan pertanyaan dan ide ide peserta didik, dan menghargai dorongan diri peserta didik untuk mrngkonstroksikan pengetahuannya kegiayan pembelajaran yang dilakukannya akan diarahkan agar terjadi aktivitas konstruksi pengetahuan oleh peserta didik secara optimal.

    Trimurjo, kamis 14 januari 2010

    Guru yang di observasi Mengetahui
    kepsek SMP N 1 Trimurjo

    Dra. SRI HAYATUN HARYANTO, S.Pd
    Nip:196107291981112002 Nip:196507081989031008

  21. December 14, 2009 at 7:25 am

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Saya Mahasiswa Bapak Prof di Pasca IAIN Raden Intan Bandar Lampung Semester 1
    Saya bangga serta kagum terhadap bapak dalam penyampaian materi kuliah..
    untuk itu bimbingan yang sifatnya lebih aktual dan up to date sangat saya harapkan..
    dalam rangka pemahaman lebih mendalam dalam materi perkuliahan
    Trimakasih saya ucapkan
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  22. 26 Merry
    November 29, 2009 at 5:09 am

    asalamualaikum, salam kenal pak. saya mahasiswa s2 teknologi pendidikan unila. mohon kalau bapak mempunyai contoh rancangan pembelajaran model dick carey agar di upload di blog bapak. trima kasih.

  23. 27 Dhinuk
    November 24, 2009 at 4:31 am

    Halo Prof Karwono… Salam kenal dari SCBD Gresik…

  24. 28 dian rifki alfatoni
    November 21, 2009 at 6:36 am

    aslm bpk karwono, , , ,
    saya alfa, Bio smester 5 mahasiswa UM Metro.
    bpk saya mw bertnya,
    dalam pemblajaran itu kan terdapat TIU dan TIK, apakah dalam pembuatan RPP atau Desain TIU dan TIK sangat penting dan apa harus slalu ada????
    mohon penjelasannya pak,

  25. 29 Purnomo
    November 18, 2009 at 7:45 am

    Akhirnya ketemu juga blog bpk, selamat berkarya

  26. 30 wahyu tri hidayat
    November 11, 2009 at 2:59 am

    ass…saya wahyu mahasiwa BK smster 7,UM. selama bapak menjadi guru besar d UM perkulihan mata kuliah yang bapak ampu sangat menarik dan metode pembelajaran yang bapak terapkan dalam pembelajaran pun sangat berbeda dengan dosen-dosen yang lainya…..sukses ya pak…

  27. 31 adhi
    November 5, 2009 at 6:57 am

    Salam kenal pak… trus menurut bapak, apakah capacity Building itu sama saja dengan Capacity Development? kalau beda… apa perbedaan dasarnya. Makasih

  28. 32 muslimin
    October 29, 2009 at 8:18 am

    Bapak, saya mahasiswa Bapak di PPS IAIN Lampung. jurusan pengembangan kurikulum PAI. Saya ingin bertanya tentang cara menyusun evaluasi untuk anak MIN. karena aplikasi KTSP di sekolah saya belum berjalan baik. sebelumnya terima kasih

  29. 33 adimas surya dharma
    March 2, 2009 at 1:42 pm

    ass…………..
    bagaimana cara meningkatkan motivasi anak-anak tingkat Sekolah Dasar,

  30. 34 mustaqim
    January 27, 2009 at 5:04 am

    assalamu’alaikum wr wb salut buat pak karwono bravo untuk pak karwono. salam persahabatan dari mahasiswa stain jurai siwo metro

  31. 35 HERMI YANZI
    January 19, 2009 at 11:01 am

    Ass. SAYA MHS PPs. TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNILA, SEMPAT MENGIKUTI PERKULIAHAN BAPAK PADA RANCANGAN SISTEM BELAJAR TAHUN AKADEMIK 2008-2009. BANYAK SUDAH SAYA MEMBACA TULISAN BAPAK. YANG SANGAT MENARIK ADALAH MASALAH MULTIKULTURAL, SEKIRANYA BAPAK BERKENAN MOHON KIRIMKAN SAYA LITERATUR, DAN TULISAN BAPAK TENTANG MULTIKULTURAL. ALASAN: SAYA PENGAMPU MATA KULIAH KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA YANG MEMBUTUHKAN LITERATUR KARENA MK. INI BARU DAN KEBETULAN SAYA JUGA DOSEN BARU di PS PPKn J.PIPS FKIP Unila. MOHON YA PAK …. Wss.

    EMAIL SAYA PAK (herfila_05@yahoo.co.id)

  32. January 2, 2009 at 11:21 am

    ya boleh nimbrung dong, mas

  33. 37 Hermi Yanzi
    December 17, 2008 at 8:48 am

    Salam kenal pak Karwono,
    Saya mahasiswa pascasarjana Unila PS. Teknologi Pendidikan Angkatan 2008. Terima kasih banyak dan ucapan yang luar biasa salut dan ingin belajar, saya telah banyak membaca tulisan bapak, baik digunakan sebagai bahan tugas kuliah ataupun bahan ajar saya pada Mahasiswa S1 P.IPS FKIP Unila. kalau bapak berkenan saya mohon dikirimi tulisan tentang Pendidikan Multikultur. kebetulan saya mengampu mata kuliah tersebut dan maklum dosen baru masih terbatas literatur.
    matur numbah nuhun pak !
    email saya, herfila_05yahoo.co.id

  34. 38 I Made Sulatra
    November 22, 2008 at 10:11 pm

    Salam Pak …..saya mahasiswa TP Pasca Sarjana Unila

    Saya sangat tertarik (kagum) dengan cara Bapak selama perkulihan….(sabar, sangat pandai dalam mencari alternatif bahasa sehingga mahasiswa senang)

    saya sudah membaca beberapa artikel Bapak…dan berharap kalau ada artikel yang baru agar dapat diinformasikan ke email saya

    Saya harapkan Bapak juga membuat beberapa model instructional design terutama model ADDIE dan di upload di blog Bapak…..

    terimakasih…..S U K S E S ….

  35. November 9, 2008 at 11:43 am

    Assalamualaikum. Saya Santi, mahasiswa S2 TP Unila. Tulisan Bapak Bagus, Aziiiip deh

  36. 40 Novianto (formerly Inacon Staff)
    November 6, 2008 at 4:45 am

    Asw. Pak Karwono, Salam Dahsyat atas Blog yang Bapak bangun untuk menularkan ilmu & pengetahuan Bapak, khususnya di dunia kependidikan, HRD & HRM. Maju terus Pak. Was – NOV

  37. 42 andi Rahman
    October 20, 2008 at 12:51 am

    Bapak luar biasa ,saya akan coba ikuti jejak bapak.

    Saya kelahiran metro ,alamat jl ahmad yani samping Damri pak.

    Saya besar di kelurga Muhammadiyah saya bangga dgn bapak dan UMM.

    Seandainya saya di lampung saya ingin mengabdikan diri,karena smp saya dulu di Muh Kotagajah.

    Sayangnya saya di Canada ,tapi saya doakan bapak tetap sukses,juga Muhammadiyah.

    Cheers

    Andi Rahman

  38. 43 Ita
    October 17, 2008 at 3:24 am

    Salam kenal pak. Saya Ita, guru bahasa Inggris LBPP-LIA Lampung dan guru PNS di Lamteng. Saya senang sekali jika bisa berbagi pengetahuan dengan bapak.

  39. 44 MAULANA MUSTIKA
    September 23, 2008 at 11:49 am

    salam hormat pak de..

  40. March 27, 2008 at 12:58 am

    Halo Pak Karwono. salam kenal pak. saya eriek dari Unila. senang bisa kenal dengan Bapak dosen. sukses ya pak🙂

  41. March 20, 2008 at 9:27 am

    salam… bumgembul mampir nih om. kunjung balik ya

  42. February 12, 2008 at 8:51 am

    Salut buat pak Karwono. Saya telah membaca beberapa tulisan Bapak. Salam kenal.
    Mayor Laut (KH) Adi Bandono, Mahasiswa S3 Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, angkatan 2006

  43. 48 Lawrence Stolurow
    December 29, 2007 at 2:52 am

    I would like to have a copy of your paper.I am not able to translate enough and would like an English summary, if possible. I was impressed by what I read. Thank you. Sincerely, Lawrence Stolurow, 8687 Dunaway Drive, La Jolla, California, USA

  44. 49 Lawrence Stolurow
    December 29, 2007 at 2:24 am

    Impressive! Would like to know your plans.My email is LStolurow@aol.com

  45. 50 abdillah
    December 6, 2007 at 5:26 am

    Assalamu’alaikum,salam kenal. saya Abdillah mahasiswa S2 Pend. Matematika UNESA Surabaya.

    • 51 LISBET
      October 21, 2014 at 7:47 am

      NAMA : LISBET SIANTURI
      NIM : 14611011138
      KELAS : 17ED
      SEMESTER : 1 ( SATU )
      MATA KULIAH : MSDM
      DOSEN : Prof. Dr. H.KARWONO M.pd

      TUGAS
      MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
      ( MSDM )

      Universitas Saburai Bandar Lampung

      PENGERTIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
      Definisi Manajemen Sumber daya manusia ( MSDM ) adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya ( tenaga kerja ) yang di miliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan bersama perusahaan, karyawan, dan masyarakat menjadi maksimal.
      Manajemen Sumber Daya Manusia juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan , penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja , kompensasi karyawan, dan hubungan ketenagakerjaan yang baik. Manajemen Sumber Daya Manusia melibatkan semua keputusan dan praktek menajemen yang mempengaruhi secara langsung sumber daya manusia nya.
      Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) menurut Mary Parker Follett adalah suatu seni untuk mencapai tujuan tujuan organisasi melalui peraturan orang lain untuk melaksanakan berbagai pekerjaan yang diperlukan , atau dengan kata lain tidak melakukan pekerjaan pekerjaan itu sendiri.
      Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) menurut Marwansyah adalah pendayagunaan sumber daya manusia didalam organisasi , yang dilakukan melalui fungsi-fungsi perencanaan sumber daya manusia , rekrutmen dan seleksi, pengembangan sumber daya manusia , perencanaan dan pengembangan karier , pemberian kompensasi dan kesejahteraan , keselamatan dan kesehatan kerja , dan hubungan industrial .
      Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) menurut Sastrohadiwiryo menggunakan istilah manjemen tenaga kerja sebagai pengganti manajemen sumber daya manusia . menurutnya manajemen tenaga kerja merupakan pendayagunaan , pembinaan , pengaturan, pengurusan, pengembangan unsur tenaga kerja, baik yang berstatus sebagai buruh , karyawan , maupun pegawai dengan segala kegiatanya dalam usaha mencapai hasil guna dan dayaguna yang sebesar besarnya , sesuai dengan harapan usaha perorangan , badan usaha , perusahaan , Lembaga , maupun Instansi .
      Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) menurut Henry Simamora adalah sebagai pendayagunaan , pengembangan , penilaian , pemberian balasan jasa dan pengelolaan terhadap individu anggota organisasi atau kelompok bekerja . MSDM juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan personalia, pengembangan karyawan , pengelolaan karier , eveluasi kerja , kompensasi karyawan dan hubungan pemburuhan yang mulus .
      Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) menurut Hadari Nawawi adalah proses pendayagunaan manusia sebagai tenaga kerja secara manusiawi agar potensi fisik dan psikis yang dimiliki berfungsi maksimal bagi tercapainya tujuan perusahaan.

      ANALISIS PEKERJAAN DALAM
      MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA ( MSDM )
      Organisasi pada dasarnya merupakan kerja sama dua orang atau lebih dalam rangka mencapai tujuan . Dalam mecapai tujuanya , organisasi memerlukan berbagai macam sumber daya. Mulai dari sumber daya manusia , peralatan , mesin , keuangan , dan sumber daya informasi. Setiap sumber daya memiliki tugas dan fungsinya masing-masing . sebagai suatu sistem , sumber daya-sumber daya tersebut akan berinteraksi dan saling bekerja sama sehingga tujuan dapat tercapai dengan efektif dan efisien . Sumber daya manusia menggunakan sumber daya-sumber daya lain yang dimiliki oleh organisasi dalam rangka mencapai tujuan . Mesin-mesin berteknologi canggih sekalipun tidak akan ada artinya , jika sumber daya manusia yang menjalankanya tidak berkualifikasi untuk mengerjakanya . Demikian juga dengan sumber daya informasi. Sebaik dan selengkap apapun informasi yang diterima oleh organisasi, tidak akan berarti apa-apa jika kualitas sumber daya manusia yang ada tidak mampu menerjemahkanya menjadi informasi yang berguna bagi perkembangan dan kemajuan oragnisasi.
      Salah satu kegiatan penting yang dilakukan dalam manajemen sumber saya manusia khususnya dalam fungsi perencanaan yaitu analisis pekerjaan dengan menganalisis pekerjaan, akan diketahui tugas-tugas apa yang akan dilakukan dalam pekerjaan itu , apa kompetensi-kompetensi yang harus dikuasai oleh sumber daya manusia yang akan menduduki posisi itu.
      Salah satu kegiatan yang memiliki peranan penting dalam MSDM yaitu analisis jabatan. menurut Dale yonder analisis jabatan adalah suatu prosedur untuk memperoleh informasi jabatan secara sistematis . Dalam melaksanakan analisis jabatan ada beberapa prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan yaitu :
      1. Proses analisis jabatan dilakukan untuk memahami tanggung jawab pada setiap jabatan dan kontribusi hasil jabatan tersebut terhadap pencapaian hasil atau tujuan organisasi .
      2. Objek dalam kegiatan analisis ini adalah jabatan , bukanlah si pemegang jabatan yang memangku jabatan tersebut. Meskipun data diperoleh dari si pemegang jabatan melalui pengamatan , wawancara , produk yang menjadi hasil analisis jabatan adalah berupa uraian jabatan atau spesifikasi jabatan , bukan suatu uraian tentang orang (Description of the person).
      3. Jabatan yang akan di deskripsikan kedalam uraian jabatan merupakan jabatan yang sesuai dengan struktur organisasi pada saat ini .
      Hasil dari analisis jabatan yaitu berupa uraian jabatan dan spesifikasi jabatan . Uraian jabatan adalah uraian tentang informasi dan karakteristik jabatan yang membedakan antara satu jabatan dengan jabatan lainya . Sementara spesifikasi jabatan adalah kualifikasi yang harus dipenuhi untuk menduduki suatu jabatan seperti pendidikan , pelatihan , pengalaman kerja , uraian jabatan dan spesifikasi jabatan inilah yang kemudian dijadikan landasan dalam MSDM lainya diantaranya sebagai landasan untuk melakukan evaluasi jabatan , rekrutmen , seleksi , pelatihan , promosi , penempatan pegawai baru dan menentukan standar hasil kerja seseorang serta merencanakan perubahan dalam organ
      KOMPONEN-KOMPONEN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
      Beberapa Komponen Manajamen Sumber Daya Manusia antara lain :
      1. Pengusaha
      Yaitu setiap orang yang menginvestasikan modalnya untuk memperoleh pendapatan dan besarnya pendapatan itu tidak menentu tergantung pada laba yang dicapai organisasi tersebut .
      2. Karyawan
      Yaitu penjual jasa ( pikiran dan tenaga ) yang mendapatkan kompensasi yang besarnya telah ditetapkan terlebih dahulu. Karyawan berperan aktif dalam menetapkan rancangan , sistem , proses dan tujuan yang akan dicapai . Karyawan juga merupakan kekayaan utama dalam organisasi tanpa keikutsertaan mereka aktifitas organisasi tidak akan terjadi .
      Posisi karyawan dalam organisasi dapat dibedakan menjadi :
      a. Karyawan Operasional
      Yaitu setiap orang yang secara langsung haus mengerjakan sendiri pekerjaanya sesuai perintah atasan .
      b. Karyawan Manajerial
      Yaitu setiap orang yang berhak memerintah bawahanya untuk mengerjakan sebagian dari pekerjaanya dan dikerjakan sesuai dengan perintahnya . Karyawan Manajerial juga dapat digolongkan manjadi dua komponen yaitu :
      • Manajerial unit yaitu pemimpin yang mempunyai wewenang lini , berhak dan bertanggung jawab langsung pada tujuan organisasi. Dalam pelaksanaanya manajerial lini sebaiknya menggunakan pendekatan social system dan technical system . Agar hubungan atasan dan bawahan berjalan harmonis dan mencapai hasil yang optimal .
      • Manajer Staff yaitu manajer yang hanya berhak memberikan saran dan pelayanan untuk memperlancar manejer lini . Manajer ini sebaiknya cooperatif social system approach ( kerja sama sosial ) .
      3. Pemimpin / Manajer
      Yaitu seorang yang menggunakan wewenang dan kepemimpinanya untuk mengarahkan orang lain serta bertanggung jawab atas pekerjaan orang tersebut dalam satu tujuan .

      Faktor faktor yang mendukung manejer dalam memimpin bawahanya :
      • Otoritas untuk melakukan coercive power , reward power , legitimate power , expert power , reference power.
      • Karyawan masih mempunyai kebutuhan yang sama , termasuk kebutuhan kerja.
      • Orang-orang yang mau bekerja sama dan hidup berkelompok karena keterbatasan fisik dan mental .
      • Orang-orang mau bekerja sama karena keinginan untuk mempertahankan hidup , berkuasa , mendapatkan pujian dan pengakuan .

      KESIMPULAN

      Kesimpulanya Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) diperlukan dalam konteks lingkungan yang kompleks dan terus berubah . Tiga komponen utama yang sangat penting dalam konteks tersebut adalah kepentingan strategis manajemen sumber daya mannusia dan lingkungan hukum dan social dalam manajemen sumber daya manusia .
      Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) sebenarnya adalah untuk meningkatkan dukungan sumber daya manusia dalam usaha mencapai tujuan . sedangkan manajemen adalash fungsi yang berhubungan dengan mewujudkan hasil tertentu melalui kegiatan orang-orang.
      Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) bisa didefinisikan sebagai proses serta upaya untuk merekrut mengembangkan memotivasi serta mengevaluasi keseluruhan sumber daya manusia yang diperlukan perusahaan dalam mencapai tujuanya . Fungsi-fungsi dari MSDM antara lain fungsi perencanaan, fungsi pengadaan , fungsi perkembangan , fungsi pemeliharaan , dan fungsi penggunaan .Dalam mempelajari MSDM ada tiga pendekatan yang sangat dapat dilakukan yaitu pendekatan mekanis , pendekatan paternalis , dan pendekatan sistem sosial .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




karwono

a

KALENDER

December 2016
M T W T F S S
« Sep    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d bloggers like this: