06
Sep
12

SAP PASCASARJANA PENDIDIKAN BIOLOGI

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI (S2) PROGRAM PASCASARJA FKIP FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

—————————————————————————————————————————-

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Matakuliah : Landasan Pendidikan dan Pembelajaran

Program Studi   : Pendidikan Biologi

Sks : 3 sks

Dosen Pengampu  : 1. Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd

                                   2. Dr. Muhfaroyin, M.TA.

——————————————————————————————————————————-

  1. I.    Deskripsi Perkuliahan

Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis  tentang hakekat pendidikan dan pembelajaran secara umum terhadap berbagai pandangan tentang hakekat pendidikan, manusia, tujuan, azas, aliran, ruang lingkup dan sasaran pendidikan dan pembelajaran. Pijakan dalam merumuskan teori dan praktek pendidikan dan pembelajaran.  Pengkajian dan analisis  landasan pendidikan dan pembelajaran dari aspek landasan:  hukum, filsafat, sejarah, social budaya, psikologi, ekonomi, dan profesionalisme pendidikan dan pembelajaran. Pembahasan landasan ini didahului dengan pembahasan tentang pendidikan secara garis besar yang dipandang penting. Dalam setiap pembahasan akan dibahas isi dan termasuk pemutahirannya dan diakhiri dengan implikasi konsep pendidikan dan pembelajaran yang bersumber landasan yang dibahas. Ladasan dan kerangka teoritik tentang pendidikan dan pembelajaran.  Menganalisis berbagai kasus praktek pendidikan dan pembelajaran serta evaluasi terhadap kasus praktek pendidikan dan pembelajaran. Analisis kasus-kasus pendidikan dan pembelajaran dilanjutkan dengan penyusunan program pendidikan dan pembelajaran yang didasari suatu landasan yang kompehensif menurut pandangan tertentu tentang pendidikan dan pembelajaran biologi.

Standar Kompetensi

Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester, mahasiswa Program Pascasarja S2  Pendidikan Biologi:

  1. Mengidentifikasi hakekat pendidikan, hakekat manusia, hakekat anak, tujuan dan ruang lingkup serta sasaran pendidikan dan pembelajaran.
  2. Mengidentifikasi tujuan dan ruang lingkup pendidikan dan pembelajaran dari berbagai pandangan.
  3. Mampu mengidentifikasi   landasan Pendidikan dan pembelajaran ditinjau dari landasan landasan hukum, filsafat, sejarah, social budaya, psikologi, ekonomi, dan profesionalisme pendidikan dan pembelajaran.
  4. Mampu memaknai ladasan dan kerangka teoritik tentang pendidikan dan pembelajaran.
  5. Mampu menganalisis  terhadap praktek pendidikan dan pembelajaran yang terjadi di dalam berbagai lembaga pendidikan berdasarkan landasan pendidikan dan pembelajaran.
  6. Mampu mengaplikasikan landasan pendidikan dalam berbagai praktek pendidikan dan pembelajaran.
  7. Mengevaluasi berbagai kasus pendididikan dan pembelajaran yang terjadi dimasyarakat dan memberikan saran pemmecahannya.
  8. Menyususun program pendidikan dan pembelajaran yang komprehensif atas landasaran pendidikan dan pembelajaran.
  1. II.    Kompetensi  Dasar

Setelah berakhirnya perkuliahan Landasan Pendidikan dan Pembelajaran mahasiswa program Pascasarjana S2 Pendidikan Biologi  akan dapat:

  1. Mengidentifikasi hakekat pendidikan dan pembelajaran, hakekat manusia, hakekat anak.
  2. Mengidentifikasi tujuan dan ruang lingkup serta sasaran pendidikan dan pembelajaran.
  3. Menganalisis berbagai kasus praktek pendidikan dan pembelajaran dalam kehidupan sosial.
  4. Mengkaji berbagai landasan pendidikan dan pembelajaran berdasarkan  landasan hukum, filsafat, sejarah, social budaya, psikologi, ekonomi, dan profesionalisme pendidikan dan pembelajaran.
  5. Menjelaskan makna ladasan dan kerangka teoritik tentang pendidikan dan pembelajaran.
  6. Mengaplikasikan  pendidikan dan pembelajaran berdasarkan Islam.
  7. Mengaplikasikan landasan pendidikan dalam berbagai praktek pendidikan dan  pembelajaran.
  8. Menyusun program pendidikan dan pembelajaran yang komprehensif atas landasaran pendidikan dan pembelajaran.
  9. III.   Tujuan Perkuliahan

Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa Program Pascasarja S2 Pendidikan Biologi yang mengambil matakuliah ini dapat:

  1. Mengidentifikasi hakekat pendidikan, hakekat manusia, hakekat anak.
  2. Menjelaskan makna, tujuan dan ruang lingkup serta pendidikan dan pembelajaran.
  3. Mengklasifikasikan  berbagai kasus praktek pendidikan dan pembelajaran dalam kehidupan social berdasarkan berbagai pandangan tentang pendidikan dan pembelajaran.
  4. Menganalisis kegiatan pendidikan dan pembelajaran berdasarkan  landasan hukum, filsafat, sejarah, social budaya, psikologi, ekonomi, dan profesionalisme pendidikan dan pembelajaran.
  5. Menjelaskan makna ladasan dan kerangka teoritik tentang pendidikan dan pembelajaran.
  6. Membuat contoh-contoh  pendidikan dan pembelajaran berdasarkan Islam.
  7. Mengaplikasikan landasan pendidikan dalam berbagai praktek pendidikan dan  pembelajaran.
  8. Menyusun program pendidikan dan pembelajaran yang komprehensif atas landasaran pendidikan dan pembelajaran menurut pandangan dan teori pendidikan dan pembelajaran tertentu.
  1. IV.    Kegiatan Perkuliahan

Kegiatan perkuliah yang akan dilakukan untuk mencapai kompetensi tersebut di atas adalah:

  1. Ceramah oleh Tim Dosen Pembina atau dosen tamu
  2. Diskusi atara Dosen Pembina – mahasiswa dan antar mahasiswa
  3. Pemanfaatan pembelajaran berbasis Web
  4. Tugas Kelompok dan Tugas individual
  5. Perancangan dan evaluasi suatu program instruksional
  6. Ujian tengah dan akhir semester
  1. V.    Penilian

Nilai akhir mahasiswa ditentukan oleh tiga hal sebagai berikut:

  1. Makalah kelompok, setiap kelompok terdiri atas 3-5 orang mahasiswa. Setiap kelompok bertugas untuk (a) menelusuri sumber-sumber tentang landasan pendidikan dan pembelajaran dari buku, jurnal sebanyak 2 jurnal satu diantaranya berasal dari internet untuk dikajidan dianalisis (b) membuat makalah, yaitu mengkaji dan menganalisis dari berbagai refrensi untuk dituangkan dalam suatu makalah kelompok sesuai dengan topic yang telah ditentukan. Makalah kelompok kemudian disajikan dalam pertemuan kelas secara tatap muka. Makalah  dikirim via email ke karwono@yahoo.com dan  hardcopy diserahkan langsung kepada dosen Pembina.

Makalah kelompok merupakan pra syarat untuk mendapatkan nilai individual, nilai tugas ini diberi bobot 25 %

Kreteria penilaian makalah kelompok:

  1. Kejelasan uraian konsep, prinsip, atau prosedur yang diuraikan
  2. Kejelasan contoh yang relevan dengan konsep, prinsip atau prosedur yang dikemukakan.
  3. Ketajaman analisis dari komponen yang dibahas
  4. Teknik presentasi (dukungan media dan lain-lain).
  1. Tugas akhir berupa menyusun program pendidikan sebagai hasil karya kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3-5 orang dan membuat suatu program pendidikan dan pembelajaran di suatu institusi pendidikan tertentu yang disusun berdasarkan atas landasan hukum, filsafat, sejarah, social budaya, psikologi, ekonomi, dan profesionalisme. Tugas akhir mahasiswa berupa dokumen program pendidikan yang komprehensif atas landasan tertentu dinilai 35 %. Laporan keefektifan anggota kelompok dibuat oleh ketua kelompok dan ditandatangani oleh semua anggota kelompok.
  2. Hasil ujian akhir semester diberi bobot 40 %.  Untuk ujian akhir, mahasiswa membawa satu buah artikel ilmiah dari internet berbahasa inggris terbitan di atas tahun 2006, yang terkait dengan  landasan pendidikan dan pembelajaran. Artikel tersebut tidak boleh sama dengan rekan sekelas. Untuk kepentingan itu Ketua Angkatan dapat mendata agar tidak terjadi kesamaan, setiap mahasiswa wajib memiliki alamat email sendiri.

Hasil Penilaian:

Hasil evaluasi merupkan komulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual dan kelompok 25 %,  Ujian Tengah Semester 35 % dan Ujian Akhir Semester  40 %.

Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:

A, Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 5 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

A- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 2 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

B+ Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 1 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

B  Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok pada saat tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

B- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat  dua hari dari tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

C. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

C- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  70 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu dan penggatian tugas dari tanggal yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

D   Jika hadir mengikuti perkuliahan kurng dari  70 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu dan diberi tugas pegganti dari tugas utama, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

E. Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari  60 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 10 hari dari waktu yang ditentukan dan  mengumpul tugas kelompok tidak memenuhi kreteria diberi tugas tambahan dan tidak mengerjakan, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

  1. VI.    Jabaran Kegiatan ke dalam pertemuan kelas
Petemuan ke/Waktu Pokok Bahasan Pelaksana

1

(tatap muka)

  • Overview (Pembahasan SAP, Kontrak Perkuliahan)
  • Hakekat pendidikan, dan pembelajaran (hakikat manusia, serta hakekat anak (peserta didik).
  • Tujuan dan ruang lingkup, azas serta sasaran pendidikan dan pembelajaran.

Bahan Bacaan:

–          H.A.R Tilaar. (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan  Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo

–          Pidarta Made. (2009). Landasan Pendidikan. Jakarta: Reneka Cipta

Timn Dosen Pembina

2

  • Ladasan dan kerangka teoritik tentang pendidikan dan pembelajaran.
  • Jenis-jenis asumsi/landasan Pendidikan dan pembelajaran.

Bahan Bacaan:

–     H.A.R Tilaar. (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan  Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo

–     Pidarta Made. (2009). Landasan Pendidikan. Jakarta: Reneka Cipta

–    Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumber oleh mahasiswa

Tim Dosen Pembina dan Kelompok mahasiswa

3

Web-based & Tutorial

  • Berbagai kasus praktek pendidikan dan pembelajar-an dalam kehidupan social berdasarkan berbagai pandangan tentang pendidikan dan pembelajaran.

Bahan Bacaan:

–          Aulia Reza Bastian. (2002). Reformasi Pendidikan. Yogyakarta: Lappera Pustaka Utama.

–          Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumber dan kasus di lapangan oleh mahasiswa

Tim Dosen Pembina dan Kelompok mahasiswa

4

Landasan filsafat Pendidikan dan pembelajaranBahan Bacaan:-     H.A.R Tilaar. (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan  Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo.

–     Pidarta Made. (2009). Landasan Pendidikan. Jakarta: Reneka Cipta

–    Dikembangkan dan ditelusuri dari berbagai sumberr oleh mahasiswa

Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok   I

5

Landasan Yuridis tentang Pendidikan dan pembelajaran.Bahan Bacaan:-       H.A.R Tilaar. (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan  Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo

–       Pidarta Made. (2009). Landasan Pendidikan. Jakarta: Reneka Cipta

–       UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas

–       UU RI No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

–       Ditelusuri dari berbagai sumber oleh mahasiswa

 Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok   II

6

Pendidikan dan pembelajaran berdasarkan ditinjau dari sudut historis.Bahan Bacaan:-          Aulia Reza Bastian. (2002). Reformasi Pendidikan. Yogyakarta: Lappera Pustaka Utama.

–          H.A.R Tilaar. (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan  Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo

–          Pidarta Made. (2009). Landasan Pendidikan. Jakarta: Reneka Cipta

Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok   III

7

Pendidikan dan pembelajaran ditinjau dari sudut social-budaya, dan ekonom serta profesionalisme.Bahan Bacaan:-          H.A.R Tilaar. (2012). Pengembangan Kreativitas dan Enterpreneurship dalam Pendidikan Nasional. Jakarta:  PT. Kompas Media Nusantara.

–          H.A.R Tilaar. (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan  Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo

–          M. Atwi Suparman. (2005). Desain Instruksional. Jakarta: PAU-PPAI. Bab VI.

–          Pidarta Made. (2009). Landasan Pendidikan. Jakarta: Reneka Cipta

Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok   IV

8

Ujian Tengah Semester (UTS) Dosen Pembina

9

Pendidikan dan pembelajaran menurut pandangan behaviorisme dan aplikasinya.Bahan Bacaan:-          Gredler, Margaret E. Bell. (terjemahan)  (1991). Belajar dan Pembelajaran (terjemahan Munandir). Jakarta: Rajawali.

–          H.A.R Tilaar. (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan  Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo.

–          Karwono dan Heni Mularsih. (2010). Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: Cerdas Jaya.

–          Slavin, Robert E. (1996). Educational Psychology: A foundation for Teaching (4th ed.). New York: Allyn & Bacon

Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok   V

10

Pendidikan dan pembelajaran menurut pandangan Kognitif dan aplikasinya.Bahan Bacaan:-          Gredler, Margaret E. Bell. (terjemahan)  (1991). Belajar dan Pembelajaran (terjemahan Munandir). Jakarta: Rajawali.

–          H.A.R Tilaar. (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan  Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo.

–          Karwono dan Heni Mularsih. (2010). Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: Cerdas Jaya.

–          Slavin, Robert E. (1996). Educational Psychology: A foundation for Teaching (4th ed.). New York: Allyn & Bacon

Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok  VI

11

Pendidikan dan pembelajaran menurut pandangan konstruktivisme dan aplikasinya.Bahan Bacaan:-          Gredler, Margaret E. Bell. (terjemahan)  (1991). Belajar dan Pembelajaran (terjemahan Munandir). Jakarta: Rajawali.

–          H.A.R Tilaar. (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan  Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo.

–          Karwono dan Heni Mularsih. (2010). Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: Cerdas Jaya.

–          Slavin, Robert E. (1996). Educational Psychology: A foundation for Teaching (4th ed.). New York: Allyn & Bacon

–          M. Atwi Suparman. (2005). Desain Instruksional. Jakarta: PAU-PPAI. Bab IX

Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok   VII

12

Pendidikan dan pembelajaran menurut pandangan humanisme  dan aplikasinya.Bahan Bacaan:-          Gredler, Margaret E. Bell. (terjemahan)  (1991). Belajar dan Pembelajaran (terjemahan Munandir). Jakarta: Rajawali.

–          H.A.R Tilaar. (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan  Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo.

–          Karwono dan Heni Mularsih. (2010). Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: Cerdas Jaya.

–          Slavin, Robert E. (1996). Educational Psychology: A foundation for Teaching (4th ed.). New York: Allyn & Bacon

Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok   VIII

13

Pendidikan dan pembelajaran berdasarkan teori pengolah informasi dan aplikasinya-          Pidarta Made. (2009). Landasan Pendidikan. Jakarta: Reneka Cipta-          H.A.R Tilaar. (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan  Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok   IX

14

Pendidikan dan pembelajaran berdasarkan Islam  dan aplikasinya.-          Gredler, Margaret E. Bell. (terjemahan)  (1991). Belajar dan Pembelajaran (terjemahan Munandir). Jakarta: Rajawali.-          H.A.R Tilaar. (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan  Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo.

–          Karwono dan Heni Mularsih. (2010). Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: Cerdas Jaya.

–          Slavin, Robert E. (1996). Educational Psychology: A foundation for Teaching (4th ed.). New York: Allyn & Bacon

Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok  X

15

Profesi keguruan biologi berdasarkan landasan pendidikan dan pembelajaran.Bahan Bacaan:-          UURI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

–          Walter Dick & Lou Carey. 2005. The Sistematic Design of Instruction. New York: Pearson

Penelusuran berbagai sumber, menyusun proposal dan Presentasi Kelompok   XI

16

Menyusun program pendidikan dan pembelajaran biologi yang komprehensif atas dasar   pandangan dan teori pendidikan dan pembelajaran tertentu.Menyusun program pendidikan sebagai hasil karya kelompok yang disusun berdasarkan atas landasan hukum, filsafat, sejarah, social budaya, psikologi, ekonomi, dan profesionalisme. Tugas kelompok: setiap kelompok terdiri dari 3-5 orang dan membuat suatu program pendidikan dan pembelajaran di suatu institusi pendidikan
Ujian Akhir Semester Individu

Metro, 10 September 2012

Dosen Pengampu

  1. Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd
  2. Dr. Muhfaroyin, M.TA.

Alamat: www.karwono.com

karwono@yahoo.com


9 Responses to “SAP PASCASARJANA PENDIDIKAN BIOLOGI”


  1. November 30, 2013 at 5:35 am

    Izin numpang lapak gan

    Kumpulan Makalah-Artikel-Tugas-Proposal-Skripsi-Thesis-Desertasi-dll
    jujur-mudah-Murah

    visit to :

    http://khasanahilmuu.blogspot.com/2013/08/makalah.html#

    thxx gan…

  2. 2 SULIS ANJARWATI
    September 29, 2013 at 2:17 am

    Ass… terimakasih Prof. untuk SAP_nya….
    by: Sulis Anjarwati PPs. 2013

  3. 5 Nurul Huda
    October 1, 2012 at 3:52 pm

    Makasih pak… saat bermanfaat…….
    agak telat komennya……

  4. 6 Tri Wahyuni
    September 6, 2012 at 10:49 am

    Terimakasih banyak pak….Tri Wahyuni Pps bio kelas B

  5. 7 Satiman
    September 6, 2012 at 9:59 am

    Terima kasih infonya pak, pps kelas B pend Biologi UM Metro


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


karwono

a

KALENDER

September 2012
M T W T F S S
« Sep    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

%d bloggers like this: