25
Feb
10

SAP: STRATEGI PEMBELAJARAN

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Matakuliah: Strategi Pembelajaran
Semester: 2 sks
Jurusan/Program Studi: BK, Pend Mat, Bio, Fis, Sej, Ek, Inggris
Dosen Pengampu: Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd

I. Deskripsi Perkuliahan

Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai upaya menata faktor eksternal agar terjadinya pembelajaran yang efektif, efisien dan berarah tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Pengenalan taksonomi variabel dalam pembelajaran, Pemahaman karakteristik internal peserta didik dan upaya penetapan strategi pembelajarannya. Menganalisis kasus-kasus strategi pembelajaran di kelas.

II. Tujuan Perkuliahan

a. Kompetensi Umum
Setelah berakhirnya semester ketiga mahasiswa FKIP UM. Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:
(1) melakukan penataan komponen ekstenal untuk mendukung terjadinya pembelajaran efektif, efisien dan berarah tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal (2) Mengidentifikasi taksonomi variabel dalam pembelajaran (3) Mengidentifikasi karakteristik internal peserta didik (4) Pengenalan konsep strategi pembelajaran (2) Klasifikasi strtegi pembelajaran (3) Aplikasi model dan strategi pembelajaran (3) Variabel strategi pembelajaran (4) Menelaah kasus-kasus pembelajaran di kelas dan upaya strategi pembelajarannya.

b. Kompetensi Khusus
Setelah berakhirnya semester ketiga mahasiswa FKIP UM Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:

1. Menjelaskan Konsep Strategi Pembelajaran
2. Mengidentifikasi taksonomi variabel Pembelajaran
3. Mengidentifikasi karakteristik internal peserta didik
4. Sistem Pembelajaran dalam Standar proses Pendidikan
5. Pembelajaran yang berorientasi pada Aktivitas Peserta Didik
6. Pembelajaran dengan Ekspositori (SPE)
7. Pembelajaran dengan Inkuiri
8. Pembelajaran Berbasis Masalah
9. Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB)
10. Pembelajaran Kooperatif
10. Pembelajaran Kontekstual
11. Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran
12. Pembelajaran Induktif dan Pembelajaran Deduktif
13. Pembahasan Kasus pembelajaran di kelas

III. Kegiatan Perkuliahan

Matakuliah ini dibina oleh tim dosen yang akan datang secara bersamaan dan atau bergantian, metode yang digunakan yaitu:

a. Ceramah dan tanya jawab
b. Penugasan secara kelompok dan presntasi atas hasil penelusuran dan kajian, terhadap strategi pembelajaran.
c. Penugasan secara kelompok untuk melakukan observasi lapangan terhadap praktek pembelajaran di kelas.
d. Penugasan secara individual untuk penelusuran sumber-sumber strategi pembelajaran.

IV. Evaluasi

Kreteria:
a. Kreteria evaluasi untuk tugas kelompok dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis dan evaluasi serta presentasi hasil kajian dan penelusuran.
b. Kreteria hasil evaluasi tugas individu adalah dari aspek: konsep dasar, dan relevansi dalam kegiatan pembelajaran
c. Penelusuran sumber, kesimpulan dan komentar atas sumber yang ditelusuri.
a. Presentasi kelompok ditinjau dari: teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan dan membuat kesimpulan.

Hasil Evaluasi:
Hasil evaluasi merupkan komulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 25 %, tugas kelompok. 15 %, Ujian Tengah Semester 20 % dan Ujian Akhir Semester 40 %.

Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:

A- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 1 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

B. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok pada saat tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

B- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat dua hari dari tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

C. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

C- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu dan penggatian tugas dari tanggal yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
.
D Jika hadir mengikuti perkuliahan kurng dari 70 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu dan diberi tugas pegganti dari tugas utama, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk norma yang ditetapkan untuk itu.
.
E. Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari 60 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 10 hari dari waktu yang ditentukan dan mengumpul tugas kelompok tidak memenuhi kreteria diberi tugas tambahan dan tidak mengerjakan, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

.
V. Jabaran kegiatan Perkuliahan dalam Pertemuan
Waktu Pertemuan Ke Materi Keterangan
1 Pembukaan Perkuliahan: Overview Perkuliahan Penjelasan dari Tim Dosen
2 Konsep dan makna Strategi Pembelajaran Tim Dosen
3 Taksonomi Variabel Pembelajaran Tim Dosen
4 Pengenalan Peserta didik dan Karakteristik bahan ajar dalam standar proses pendidikan. Tim Dosen
5 Strategi Pembelajaran yang berorientasi pada Aktivitas Peserta Didik dan Upaya pemecahannya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
6 Strategi Pembelajaran Ekspositori (SPE) dan Upaya pemecahannya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
7 Strategi Pembelajaran Inkuiri Upaya pemecahannya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs Tim Dosesn
8 UTS Tim Dosen
9 Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Upaya pemecahannya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
10 Kasus Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dan Upaya pemecahannya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
11 Kasus Strategi Pembelajaran Kooperatif dan Upaya pemecahannya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
12 Kasus Strategi Pembelajaran Kontekstual (CTL) Upaya pemecahannya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
13 Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Strategi Pembelajaran Tim Dosen
14 Pembelajaran Induktif dan Pembelajaran deduktif Deduktif dan implementasinya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
15 Pembahasan Kasus pembelajaran di kelas/Seminar Kasus Pembelajaran Studi Lapangan
16 UAS
DAFTAR RUJUKAN: http://www.karwono.wordpress.com


7 Responses to “SAP: STRATEGI PEMBELAJARAN”


  1. November 30, 2013 at 5:46 am

    Izin numpang lapak gan

    Kumpulan Makalah-Artikel-Tugas-Proposal-Skripsi-Thesis-Desertasi-dll
    jujur-mudah-Murah

    visit to :

    http://khasanahilmuu.blogspot.com/2013/08/makalah.html#

    thxx gan…

  2. 2 toni julianto
    May 28, 2012 at 3:13 am

    assalamualikum . . .
    prof, sumber atau modul yang digunakan dari mana ya?
    untuk pembelajaran induktif dan deduktif
    saya sudah mencari di internet, buku prof, wina sanjaya 2008, tidak ada
    tolong sarannya prof
    terimakasih

  3. 3 eka Anggraeni
    March 7, 2012 at 12:19 pm

    Assalamualaikum wr.wb.
    pak saya eka anggraeni dewi permanik dari Fkip Ekonomi semester empat,
    saya ingin bertanya sedikit pak… Hari ini Rabu,07 Maret 2012mata kuliah strategi pembelajaran diisi oleh buk maryatun. beliau memberikan foto kopy materi perkuliahan pertama tapi setelah saya baca di dalamnya ada hal yang tidak ada mengenai
    1. sasaran kegiatan pembelajaran
    2. indikator yang disepakati tentang belajar dengan contoh-contoh dalam kegiatan pembelajaran
    kira-kira ada sumber lain tidak pak …? tolong dicantumkan ya pak….terima kasih

  4. 5 Anna Leonoans
    March 2, 2010 at 7:58 am

    Assalamualaikum my Profesor,
    thanks a lot for ur post. Your post about ‘cooperative learning – teknik Jigsaw’ make me helpfull. Anytime, i hope u can write another subject..

    • 6 iwan zulfikar
      October 24, 2012 at 3:50 am

      Pak, sulit amat ya cari Materi Bapak untuk MM Saburai

      • 7 karwono
        October 30, 2012 at 1:16 am

        Untuk materi yang belum saya publikasikan melalui media cetak  belum saya muat dalam blog saya,demi keamanan. Untuk itu dapat anda telusuri levat media cetak atau pada blog yang lain.

        ________________________________


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


karwono

a

KALENDER

February 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

%d bloggers like this: