15
Sep
11

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP) BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Matakuliah : Belajar dan Pembelajaran
Semester : 3 sks
Jurusan/Program Studi : BK, Pend Ek, Sej, Mat, Bio, Fis, Ing
Dosen Pengampu : Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd

I. Deskripsi Perkuliahan

Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai teori belajar yang bersifat deskriptif dan upaya pembelajaran yang bersifat preskreptif dilandasi berbagai pendekatan. Pemanfaatan sumber belajar baik yang didesain maupun non desain untuk kepentingan pembelajaran. Berbagai contoh dan analisis praktek pembelajaran. Pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar, Analisis kasus praktek pembelajaran.

II. Kompetensi Dasar
Setelah berakhirnya semester ketiga mahasiswa FKIP UM. Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:

Menganalisis teori-teori belajar dan landasan filosofisnya, mengembangkan model pembelajaran yang berpijak pada berbagai pandangan tentang teori belajar, memanfaatkan sumber belajar dalam pembelajaran dan menganalisis kasus dalam pembelajaran.

III. Indikator
a. Makna Belajar dan Pembelajaran
b. Azas dan prinsip Belajar dan Pembelajaran
c. Teori Belajar menurut pandangan behaviorisme landasanfilosofisnya
d. Teori Belajar menurut pandangan kognitif dan landasanfilosofisnya
e. Teori Belajar menurut pandangan konstruktivisme dan landasanfilosofisnya
f. Teori Belajar menurut pandangan Humanisme dan landasanfilosofisnya
g. Teori Pengolahan Informasi dalam Memori Manusia dan landasanfilosofisnya
h. Pembelajaran yang berpijak dari Teori Belajar Behavioristik
i. Pembelajaran yang berpijak dari Teori Belajar Kognitif
j. Pembelajaran yang berpijak pada teori belajar Humanisme
k. Pembelajaran yang berpijak pada Teori Pengolahan Informasi
l. Pemanfaatan Sumber Belajar yangdidesain dan yang tidak didesain dalam Pembelajaran dan Pola-pola pembelajaran.
m. Analisis Kasus Pembelajaran di Kelas

IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah berakhirny semester ketiga mahasiswa FKIP UM Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:
a. Mampu mengidentifikasi makna, azas, dan prinsip belajar dan pembelajaran
b. Menganalisis teori-teori belajar menurut pandangan behaviorisme, kognitif, konstruktivisme, humanisme dan landasan filosofisnya.
c. Menganalisis teori-teori belajar menurut pandangan kognitif dan landasan filosofisnya.
d. Menganalisis teori-teori belajar menurut pandangan konstruktivisme dan landasan filosofisnya.
e. Menganalisis teori-teori belajar menurut pandangan humanisme dan landasan filosofisnya.
f. Mampu menganalisis tentang perolehan, pengorganisian dan proses mengungkap kemali informasi dalam struktur memori manusia.
g. Mengapikasikan peristiwa pembelajaran yang berpijak pada teori belajar behviorisme.
h. Mengapikasikan peristiwa pembelajaran yang berpijak pada teori belajar kognitif
i. Mengapikasikan peristiwa pembelajaran yang berpijak pada teori belajar humanisme.
j. Mengidentifikasikan proses pengolahan informasi dalam struktur memori manusia
k. Mengidentifikasi pemnfaatan sumber belajar dalam setiap pola pembelajaran.
l. Mampu menganalisis suatu peristiwa pembelajaran di kelas dan pijakan teori yang digunakan serta alternative tindakannya.

V. Kegiatan Perkuliahan

Matakuliah ini dibina oleh tim dosen yang akan datang secara bersamaan dan atau bergantian, metode yang digunakan yaitu:

a. Ceramah dan tanya jawab
b. Penugasan secara kelompok dan presntasi atas hasil penelusuran dan melakukan kajian, analisis serta evaluasi terhadap teori belajar dan pembelajaran.
c. Penugasan secara kelompok untuk melakukan observasi lapangan terhadap praktek pembelajaran di kelas.
d. Penugasan secara individual untuk penelusuran sumber-sumber teori belajar dan pembelajaran.

VI. Evaluasi

Kreteria:
a. Kreteria evaluasi tugas kelompok dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis dan evaluasi serta presentasi hasil kajian dan penelusuran serta observasi lapangan.
b. Kreteria hasil evaluasi tugas individu adalah dari aspek: relevansi
c. penelusuran sumber, kesimpulan dan komentar atas sumber yang ditelusuri.
d. Presentasi kelompok ditinjau dari: teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan dan menyimpulkan.

Hasil Evaluasi:
Hasil evaluasi merupkan komulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 25 %, tugas kelompok. 15 %, Ujian Tengah Semester 20 % dan Ujian Akhir Semester 40 %.

Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:
A Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 5 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
A- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 1 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

B. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok pada saat tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

B- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat dua hari dari tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

C. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

C- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu dan penggatian tugas dari tanggal yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
.
D Jika hadir mengikuti perkuliahan kurng dari 70 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu dan diberi tugas pegganti dari tugas utama, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
.
E. Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari 60 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 10 hari dari waktu yang ditentukan dan mengumpul tugas kelompok tidak memenuhi kreteria diberi tugas tambahan dan tidak mengerjakan, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

About these ads

6 Responses to “SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP) BELAJAR DAN PEMBELAJARAN”


  1. November 30, 2013 at 5:42 am

    Izin numpang lapak gan

    Kumpulan Makalah-Artikel-Tugas-Proposal-Skripsi-Thesis-Desertasi-dll
    jujur-mudah-Murah

    visit to :

    http://khasanahilmuu.blogspot.com/2013/08/makalah.html#

    thxx gan…

  2. October 10, 2013 at 7:06 pm

    Definisi belajar menurut saya
    Belajar adalah proses perubahan di dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, dan kemampuan-kemampuan yang lain.

  3. July 18, 2013 at 9:37 am

    Mau belajar SAP tapi biaya kursusnya mahal!!!
    Anda bisa belajar SAP sendiri dengan SAP IDES.
    Bisa dijalankan di Laptop/PC sendiri, tinggal colok HDD, jalankan dan anda bisa langsung belajar sendiri. Untuk pemesanan dan pembelian bisa kunjungi http://qwalqwul.wordpress.com/ides-ecc6/
    Semoga Bermanfaat dan membantu bagi yang membutuhkan.
    Terima Kasih.

  4. July 18, 2013 at 4:35 am

    Wonderful goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you’re just too great.

    I really like what you have acquired here, certainly like what you’re saying and the way in which you say it. You make it entertaining and you still take care of to keep it wise. I can’t wait to read
    much more from you. This is really a wonderful website.

  5. January 26, 2013 at 6:35 pm

    terimakasih pak, atas ilmu yang bapak berikan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


karwono

a

KALENDER

September 2011
M T W T F S S
« Feb   Sep »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: