22
Feb
11

SAP: STRATEGI PEMBELAJARAN

Nama Matakuliah:

Strategi Pembelajaran

Sks : 2 sks
Program Studi :

Pendidikan Matematika, Biologi, Fisika, Ekonomi,

Sejarah, Bhs. Inggris.

Dosen Pengampu:

Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd

Drs. Purwiro Harjati, M.Pd; Drs. Anak Agung Oka,

M.Pd; Dra. Maryatun, M.Pd; Dra. Elis Setyawati,

M.Pd; Widiyani Trisnaningsih, S.Pd

Deskripsi Singkat :

Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis hakikat dan mana strategi pembelajaran, mengidentifikasi berbagai upaya menata faktor eksternal agar terjadinya pembelajaran yang efektif, efisien dan berarah tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Menganalisis taksonomi variabel dalam pembelajaran (tujuan pembelajaran dan karakteristik bidang studi, kendala, karakteristik peserta didik. Strategi pengorganisasian pembelajaran, strategi penyampaian pembelajaran, strategi pengelolaan pembelajaran).

Dasar pertimbangan pemilihan strategi pembelajaran, pemanfaatan sumber belajar baik yang didesain maupun non desain untuk strategi pembelajaran pembelajaran. Berbagai contoh penyusunan strategi pembelajaran dan contoh-contoh praktek terbaik dalam implementasi (best practicec) tentang strategi pembelajaran. Pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar, Menganalisis kasus-kasus strategi pembelajaran di lapangan.

Stándar Kompetensi:

Setelah berakhirnya semester ketiga mahasiswa FKIP UM. Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:

Mengidentifikasi hakekat dan makna strategi pembelajaran, mengkaji dan menganlisis taksonomi variabel dalam sistem pembelajaran. Menata komponen sistem pembelajaran untuk menyusun strategi pembelajaran agar terjadi proses belajar pada peserta didik untuk mencapai belajar yang optimal.

Dasar pertimbangan pemilihan strategi pembelajaran, mengaplikasikan berbagai strategi pembelajaran dengan menggunakan metode, dan teknik serta taktik pembelajaran dalam suatu contoh situasi pembelajaran. Analisis ksusus pembelajaran di lapangan dalam kaitannya pengunaan strategi pembelajaran.

 

Tujuan Perkuliahan

 

a. Kompetensi Utama

Setelah berakhirnya semester keempat mahasiswa FKIP UM. Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:

 

Mengeksplorasi hakekat dan makna strategi pembelajaran, mampu menganalisis dan membuat kaitan antara variabel yang berkaitan dengan penggunaan strategi pembelajaran. Penataan komponen ekstenal untuk mendukung terjadinya pembelajaran efektif, efisien dan berarah tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Mengnalisis karakteristik dan tipe bahan ajar dan dasar pemilihan serta pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran. Mengidentifikasi berbagai jenis strategi pembelajaran. Menggaplikasikan berbagai strategi pembelajaran dalam contoh pembelajaran, mengembangkan berbagai strategi pembelajaran kedalam tataran yang lebih konkrit dalam kegiatan pembelajaran. Menelaah kasus-kasus pembelajaran di kelas dan upaya strategi pembelajarannya.

 

b. Kompetensi Khusus

Setelah berakhirnya semester keempat mahasiswa FKIP UM Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:

 

  1. Mengidentifikasi makna dan hakekat dan lingkup dan tujuan kegiatan Strategi Pembelajaran.
  2. Menjelaskan konsep-konsep yang terkait dengan strategi pembelajaran.
    1. Mengidentifikasi taksonomi variabel Pembelajaran
    2. Mengidentifikasi karakteristik internal peserta didik

    3. Mengidentifikasi karakteristik bidang studi.

    4. Mampu memberikan dasar pertimbangan dalam pemilihan strategi pembeljaran

    5. Menyusun strategi pembelajaran yang berorientasi pada Aktivitas Peserta Didik
    6. Menyusun strategi pembelajaran dengan metode Ekspositori (SPE)
    7. Menyusun strategi pembelajaran dengan metode Inkuiri
    8. Menyusun strategi pembelajaran Berbasis Masalah
    9. Menyusun strategi pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB)
    10. Menyusun strategi pembelajaran dengan metode Kooperatif

10. Menyusun strategi pembelajaran Kontekstual

11. Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran

12. Menyusun strategi pembelajaran Induktif dan pembelajaran Deduktif

13. Menyusun strategi Pembahasan Kasus pembelajaran di kelas

 

Kegiatan Perkuliahan

 

Matakuliah ini dibina oleh tim dosen yang akan datang secara bersamaan dan atau bergantian, metode yang digunakan yaitu:

    1. Ceramah dan tanya jawab

    2. Penugasan secara kelompok dan presntasi atas hasil penelusuran dan kajian, terhadap strategi pembelajaran.

    3. Penugasan secara kelompok untuk melakukan observasi lapangan terhadap praktek pembelajaran di kelas.

    4. Penugasan secara individual untuk penelusuran sumber-sumber strategi pembelajaran.

 

Tugas-tugas mahasiswa

a. Menelusuri berbagai sumber baik cetak maupun elektronik yang terkait dengan penugasan, menyusun laporan, dan mempresentasikan dalam foum kelas dalam tugas kelompok.

b. Secara individu menelusuri sumber-sumber baik melalui media cetak maupun elektronik untuk merespon perkuliahan secara individu.

c. Mengikuti perkuliahan, aktif dalam diskusi dan merespon kegiatan di kelas

d. Melakukan studi/observasi lapangan yang terkait dengan kasus strategi pembelajaran di lapangan.

e. Mengikuti UTS, dan UAS.

Evaluasi

 

Kreteria:

  1. Kreteria evaluasi untuk tugas kelompok dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis dan evaluasi serta presentasi hasil kajian dan penelusuran.

  2. Kreteria hasil evaluasi tugas individu adalah dari aspek: konsep dasar, dan relevansi dalam kegiatan pembelajaran

  3. Penelusuran sumber, kesimpulan dan komentar atas sumber yang ditelusuri.

  4. Presentasi kelompok ditinjau dari: teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan dan membuat kesimpulan.

 

Hasil Evaluasi:

Hasil evaluasi merupkan komulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 25 %, tugas kelompok. 15 %, Ujian Tengah Semester 20 % dan Ujian Akhir Semester 40 %.

 

Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:

A, Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 5 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

 

A- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 1 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

 

B. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok pada saat tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

 

B- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat dua hari dari tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

 

C. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

 

C- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu dan penggatian tugas dari tanggal yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

.

D Jika hadir mengikuti perkuliahan kurng dari 70 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu dan diberi tugas pegganti dari tugas utama, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk norma yang ditetapkan untuk itu.

.

E. Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari 60 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 10 hari dari waktu yang ditentukan dan mengumpul tugas kelompok tidak memenuhi kreteria diberi tugas tambahan dan tidak mengerjakan, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

email korespondensi: karwono@yahoo.com

About these ads

3 Responses to “SAP: STRATEGI PEMBELAJARAN”


  1. 1 prabowo
    March 25, 2014 at 3:57 pm

    terima kasih prof smoga dgn belajar y sterategi ini,,
    guru bisa lebih maju dan bertangung jawab terhadap pesrta didik y,,,
    salam jaya um metro

  2. November 30, 2013 at 5:45 am

    Izin numpang lapak gan

    Kumpulan Makalah-Artikel-Tugas-Proposal-Skripsi-Thesis-Desertasi-dll
    jujur-mudah-Murah

    visit to :

    http://khasanahilmuu.blogspot.com/2013/08/makalah.html#

    thxx gan…

  3. 3 dedy
    June 18, 2013 at 12:26 pm

    untuk materi strategi pembelajaran punya tidak pak?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


karwono

a

KALENDER

February 2011
M T W T F S S
« Feb   Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: