14
Sep
09

sap: Rancangan Sistem Instruksional

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN (S2) PROGRAM PASCASARJA FKIP FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

————————————————————————————————————-

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Matakuliah: Rancangan Sistem Instruksional
Program Studi: Teknologi Pendidikan (TP)
Sks: 3 sks
Dosen Pengampu: 1. Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd
2. Drs. Sulton Djasmi, M.Pd

——————————————————————————————————————————-

I.    Deskripsi Perkuliahan

Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis serta mengevaluasi berbagai model-model pengembangan system instruksional. Perbandingan antar model pengembangan system instruksional.  Merancang suatu program atau system instruksional  baik  di kalangan pendidikan tinggi atau di bawahnya, ataupun pada lembaga-lembaga pendidikan dan pelatihan pada departemen-departemen, lembaga non departemen, dan kalangan swasta dengan menggunakan salah satu medel anacangan system. Mengembangkan langkah-langkah salah satu desain instruksional  Walter Dick  dan Lou Carey meliputi kegiatan: Mengenali tujuan pembelajaran, melakukan analisis pembelajaran, mengenali tingkahlaku dan cirri-ciri peserta didik, merumuskan tujuan performansi, mengembangkan butir-bitir tes acuan patokan, mengembangkan siasat pembelajaran, mengembangkan dan memilih material pembelajaran, merancang dan melakukan penilaian formatif, merevisi pembelajaran, melakukan penilaian sumatif.

II.    Standar Kompetensi

Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester, mahasiswa Program Pascasarja S2 Teknologi Pendidikan:
1.    Mampu menjelaskan konsep, prinsip dan prosedur serta langkah perancangan system instruksional.
2.    Mampu menerapkan setiap langkah model Walter Dick dan lou Carey untuk mengembangkan komponen:  Mengidentifikasi  tujuan pembelajaran, melakukan analisis pembelajaran, mengenali tingkahlaku dan cirri-ciri peserta didik, merumuskan tujuan performansi, mengembangkan butir-bitir tes acuan patokan, mengembangkan siasat pembelajaran, mengembangkan dan memilih material pembelajaran, merancang dan melakukan penilaian formatif, merevisi pembelajaran, melakukan penilaian sumatif. Melakukan ujicoba perangkat instruksional model dan menyusun laporan ujicoba.

III.    Kompetensi Utama

Setelah berakhirnya perkuliahan Perancangan system instruksional mahasiswa program Pascasarjana S2 Teknologi Pendidikan UNILA  akan dapat:
1.    Menjelaskan konsep, prinsip dan prosedur perancangan system instruksionl
2.    Menganalisis berbagai permasalahan instruksional
3.    Membandingkan antar model instruksional
4.    Mengaplikasikan konsep, prinsip, dan prosedur serta langkah-langkah perancangan system instruksional untukmengembangkan system instruksional pada matapelajaran/bidang pelatihan tertentu pada PT/Sekolah, lembaga tertentu.
5.    Melakukan evaluasi formatif/ujicoba terhadap prototype system instruksional yang telah dirancang

IV.    Kompetensi Khusus

Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa Program Pascasarja S2 Teknologi Pendidikan UNILA yang mengambil matakuliah ini dapat:
1.    Menjelaskan konsep, prinsip dan prosedur perancangan system instruksionl
2.    Menganalisis berbagai permasalahan pembelajaran di tingkat Perguruan Tinggi, Sekolah, Lembaga Diklt.
3.    Membedakan antar model yang digunakan dalan system instruksional
4.    Menerapkan model Walter Dick dan Lou Carey dengan komponen:
a.    Mengidentifikasi  tujuan pembelajaran
b.    Melakukan analisis pembelajaran.
c.    Mengenali tingkahlaku dan cirri-ciri peserta didik.
d.    Merumuskan tujuan performansi.
e.    Mengembangkan butir-bitir tes acuan patokan.
f.    Mengembangkan siasat pembelajaran.
g.    Mengembangkan dan memilih material pembelajaran.
h.    Merancang dan melakukan penilaian formatif.
i.    Merevisi pembelajaran.
j.    Melakukan penilaian sumatif.
k.    Melakukan ujicoba perangkat instruksional model dan menyusun laporan ujicoba.

V.    Kegiatan Perkuliahan

Kegiatan perkuliah yang akan dilakukan untuk mencapai kompetensi tersebut di atas adalah:
1.    Ceramah oleh Tim Dosen Pembina atau dosen tamu
2.    Diskusi atara Dosen Pembina – mahasiswa dan antar mahasiswa
3.    Pemanfaatan pembelajaran berbasis Web
4.    Tugas Kelompok dan Tugas individual
5.    Perancangan dan evaluasi suatu program instruksional
6.    Ujian tengah dan akhir semester

Tugas-Tugas

Tugas-tugas yang harus dilakukan mahasiswa adalah:
1.    Menhkaji dan membahas konsep dan penerapan komponen-komponen system instruksional ke dalam suatu proses perancangan system instruksional.
2.    Menganalisis  permasalahan pembelajaran berdasarkan pendekatan system
3.    Menyusun suatu pengembangan system instruksional untukmtugas akhir dengan media pendukukung  (bila dipandang perlu) dan melakukan ujicoba berdasarkan model Walter Dick dan Lou Carey secara kelompok
4.    Mengikuti ujian akhir semester

VI.    Penilian

Nilai akhir mahasiswa ditentukan oleh tiga hal sebagai berikut:

1.    Makalah kelompok, setiap kelompok terdiri atas 5 orang mahasiswa. Setiap kelompok bertugas untuk (a) menelusuri desain system instruksional dari jurnal sebanyak 2 jurnal satu diantaranya berasal dari internet dan diperbandingkan dengan rancangan system intruksional dari Walter Dick & Lou Carey (b) membuat makalah, yaitu menganalisis setiap komponen perancangan instruksional model Walter Dick dan Lou Carey. Makalah kelompok kemudian disajikan dalam pertemuan kelas secara tatap muka, dan diserahkan dalam bentuk hard copy kepada dosen Pembina.

Makalah kelompok merupakan pra syarat untuk mendapatkan nilai individual, nilai tugas ini diberi bobot 15 %
Kreteria penilaian makalah kelompok:
a.    Kejelasan uraian konsep, prinsip, atau prosedur yang diuraikan
b.    Kejelasan contoh yang relevan dengan konsep, prinsip atau prosedur yang dikemukakan.
c.    Ketajaman analisis dari komponen Water Dick dan Lou Carey.
d.    Teknik presentasi (dukungan media dan lain-lain).

2.    Tugas akhir berupa Bahan instruksional hasil karya kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 orang dan membuat suatu rancangan dan mengembangkan model Walter Dick dan Lou Carey pada Sekolah, lembaga Diklat, Perguruan Tinggi untuk bidang studi tertentu untuk. Tugas akhir mahasiswa berupa dokumen perancang, bahan instruksional, ujicoba dan atau evaluasi bahan, serta laporan hasil evaluasi. Bahan instruksional dinilai 45 % dari nilai akhir. Laporan keefektifan anggota kelompok dibuat oleh ketua kelompok dan ditandatangani oleh semua anggota kelompok.

3.    Hasil ujian akhir semester diberi bobot 40 %.  Untuk ujian akhir, mahasiswa membawa satu buah artikel ilmiah dari internet berbahasa inggris terbitan diatas tahun 2006, tentang model pengembangan system atau komponen system instruksional. Artikel tersebut tidak boleh sama dengan rekan sekelas. Untuk kepentingan itu Ketua angkatan dapat mendata agar tidak terjadi kesamaan, artikel yang akan dikumpul agar berkonsultasi dengan dosen Pembina melalui email lebih dahulu. Oleh sebab itu setiap mahasiswa wajib memiliki alamat email sendiri.

Kreteriauntuk menilai bahan rancangan instruksional adalah sebagai berikut:

1

VII.    Jabaran Kegiatan ke dalam pertemuan kelas

234567

Bandar Lampung, 10 September 2009

Dosen Pengampu

1.    Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd
2.    Drs. Sulton Djasmi, M.Pd
website: karwono.wordpress.com
email: karwono@yahoo.com


3 Responses to “sap: Rancangan Sistem Instruksional”


  1. October 30, 2009 at 3:12 pm

    assalamualaikum
    mohon ma’af pak, saya mahasiswa bapak MTP Unila, saya membutuhkan materi kuliah rancangan sistem belajar n pembelajaran, tapi saya belum menemukan materi tersebut di blog bapak. dimana ya pak saya bisa menemukan? sekali lagi mohon maaf kalau tidak sopan.

    o iya pak, masalah penilaian kan ada tiga hal yaitu tugas kelompok, tugas akhir, & ujian akhir semester. pertanyaan saya apakah absensi kehadiran tidak dinilai pak? dan ujian tengah semester apa tidak ada ya pak?

    wassalamualaikum…

  2. October 19, 2009 at 2:46 am

    saya mahasiswa S2 TP Unila 2009, setelah membaca buku Dick and Carey sy masih merasa kesulitan untuk membuat instrumen dalam rangka mendapat data pada setiap langkah Dick-Carey, kelompok kami akan membuat Desain Sistem Pembelajaran untuk kegiatan Life Skill di sekolah bidang Komputer Desain atau di lembaga pelatihan komputer, kalau memungkinkan mohon disajikan beberapa contoh instrumen pengambilan data … terima kasih ….

  3. 3 Husnul khotimah
    October 18, 2009 at 7:43 am

    assalamualaikum pak Karwono, saya mhsw TP pasca unila 09. saya telah endapat artikel berjudul “Introduction to Instructional Design and the ADDIE Model
    by Kevin Kruse

    tetapi tidak ada keterangan terbitan tahunnya, bagaimana ya pak apa artikel tsb bisa saya pakai sbg tugas, karena untuk mencari yang di atas th 2006 belum saya temukan. wasalam.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


karwono

a

KALENDER

September 2009
M T W T F S S
« May   Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Klik tertinggi

  • None

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: