27
Feb
08

[SAP] PENELITIAN PENDIDIKAN

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Matakuliah : Penelitian Pendidikan

Semester : 2 sks

Jurusan/Program Studi : Pendidikan Bahasa Inggris, BK

Dosen Pengampu : Dr. H. Karwono, M.Pd

I. Deskripsi Perkuliahan

Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai konsep dasar penelitian, metode dan prosedur penelitian. Model-model penelitian kependidikan, mengkaji dan mengevaluasi serta menafsirkan hasil penelitian. Menyusun rancangan dan sistem pelaporan penelitian pendidikan.

II. Tujuan Perkuliahan

a. Kompetensi Umum

Setelah berakhirnya perkuliahan ini mahasiswa akan mampu:

1. Menganalisis konsep, prinsip dan prosedur penelitian kependidikan

2. Mengevaluasi konsep, prinsip dan prosedur penelitian Pendidikan

3. Menyusun rancangan usulan penelitian berdasarkan hasil kajian, analisis dan evaluasi penelitian di kawasan Teknologi Pendidikan

b. Kompetensi Khusus

Setelah berakhirnya semester keempat mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:

1. Menjelaskan konsep konsep dasar, pendekatan penelitian kualitatif dan kwantitatif

2. Menyusun deasin penelitian

3. mengidentifikasi masalah penelitian

4. Merumuskan masalah penelitian

5. Merumuskan tujaun dan manfaat hasil penelitian

6. Menentukan kerangka pikir

7. Menentukan pendekatan penelitian

8. menentukan subyek penelitian

9. Menentukan prosedur dan pengembangan instrumen pengumpulan data

10. Melakukan pengolahan dan analisis data

11. Menyusun laporan hasil penelitian

12. Membaca dan menafsirkan hasil penelitian

III. Kegiatan Perkuliahan

Matakuliah ini dibina oleh tim dosen yang akan datang secara bersamaan dan atau bergantian. Metode yang digunakan yaitu:

a. Ceramah dan tanya jawab

b. Penugasan secara kelompok dan presentasi atas hasil penelusuran dan melakukan kajian, analisis serta evaluasi hasil penelitian dalam kawasan Pendidikan

c. Penugasan secara individual melalui penelusuran dan melakukan kajian, analisis serta evaluasi hasil penelitian dalam kawasan Pendidikan

IV.Evaluasi

Kreteria:

a. Kreteria evaluasi tugas kelompok dan perorangan dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis dan evaluasi penelusuran hasil penelitian dari aspek: judul penelitian, ruang lingkup, teori yang digunakan, masalah dan hipotesis penelitian, metodologi penelitian, temuan penelitian, kritik dan komentar atas hasil penelitian, judul alternalif yang akan dikembangkan.

b. Kreteria hasil evaluasi tugas individu adalah dari aspek: judul penelitian, ruang lingkup, teori yang digunakan, masalah dan hipotesis penelitian, metodologi penelitian, temuan penelitian, kritik dan komentar atas hasil penelitian, judul alternalif yang akan dikembangkan, serta rancangan usul penelitian yang akan diajukan.

c. Presentasi kelompok ditinjau dari: teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan dan menyimpulkan.

Hasil Evaluasi:

Hasil evaluasi merupkan komulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual dan tugas kelompok 30 %, Ujian Tengah Semester 30 % dan Ujian Akhir Semester 40%.

Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:

A, Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 5 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

B. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok satu minggu sebelum tanggal yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

.

C. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok tepat waktu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

.

D Jika hadir mengikuti perkuliahan kurng dari 70 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 5 hari dan kelompok tepat waktu yang telah ditentukan, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

.

E. Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari 60 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 10 hari dari waktu yang ditentukan dan mengumpul tugas kelompok terlambat 1 minggu dari telah ditentukan, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
Jadwal Pertemuan

jadwal-pertemuan1.jpg

About these ads

2 Responses to “[SAP] PENELITIAN PENDIDIKAN”


  1. April 29, 2009 at 4:19 am

    begini , pak saya sedang mengambil mata kuliah penelitian pendidikan, bisa ngak bapak memberikan sebuah contoh/ sampel penelitian sesuai bidang studi saya.

  2. 2 i nyoman sugita
    January 12, 2009 at 12:50 pm

    bpak berapa pertemuan lagi kuliah ? b.inggris


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


karwono

a

KALENDER

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Aug »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: