09
Nov
07

SAP: BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Matakuliah : Belajar dan Pembelajaran

Semester : 3 sks

Jurusan/Program Studi : BK, Pend Ek, Sej, Mat, Bio, Fis, Ing

Dosen Pengampu : Dr. H. Karwono, M.Pd

Drs. Triyono Wisnutomo, M.Pd

 
 


I. Deskripsi Perkuliahan

Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai teori belajar yang bersifat deskriptif dan upaya pembelajaran yang bersifat preskreptif dilandasi berbagai pendekatan. Pemanfaatan sumber belajar baik yang didesain maupun non desain untuk kepentingan pembelajaran. Berbagai contoh dan analisis praktek pembelajaran. Pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar, Analisis kasus praktek pembelajaran.

II. Tujuan Perkuliahan

a. Kompetensi Umum

Setelah berakhirnya semester ketiga mahasiswa FKIP UM. Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:

Menganalisis teori-teori belajar dan landasan filosofisnya, mengembangkan model pembelajaran yang berpijak pada berbagai pandangan tentang teori belajar, memanfaatkan sumber belajar dalam pembelajaran dan menganalisis kasus dalam pembelajaran.

b. Kompetensi Khusus

Setelah berakhirnya semester ketiga mahasiswa FKIP UM Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:

1. Mengidentifikasi teori belajar yang bersumber dari teori: behvioristik, kognitif, kontruktivistik.

2. Mengidentifikasi pembelajaran yang berpijak pada teori behvioristik, kognitif, kontruktivistik.

3. Menjelaskan azas dan prinsip Belajar dan Pembelajaran

4. Memberikan contoh-contoh pembelajaran yang berpijak pada teori belajar behvioristik, kognitif, kontruktivistik.

5. Mendeskripsikan sumber belajar yang didesan.

6. Mendeskripsikan sumber belajar yang dimanfaatkan (non desain).

7. Membandingkan antar teori belajar

8. Membandingkan pembelajaran yang berpijak pada behvioristik, kognitif, kontruktivistik.

9. Menjunjukan kasus pembelajaran di kelas yang berpijak pada behvioristik, kognitif, kontruktivistik.

10. Membuat model pembelajaran yang berpijak pada behvioristik, kognitif, kontruktivistik.

11. Mengevaluasi praktek pembelajaran berdasarkan landasan teoritik dari teori belajar dan pembelajaran.

III. Kegiatan Perkuliahan

Matakuliah ini dibina oleh tim dosen yang akan datang secara bersamaan dan atau bergantian, metode yang digunakan yaitu:

a. Ceramah dan tanya jawab

b. Penugasan secara kelompok dan presntasi atas hasil penelusuran dan melakukan kajian, analisis serta evaluasi terhadap teori belajar dan pembelajaran.

c. Penugasan secara kelompok untuk melakukan observasi lapangan terhadap praktek pembelajaran di kelas.

d. Penugasan secara individual untuk penelusuran sumber-sumber teori belajar dan pembelajaran.

IV. Evaluasi

Kreteria:

a. Kreteria evaluasi tugas kelompok dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis dan evaluasi serta presentasi hasil kajian dan penelusuran serta observasi lapangan.

b. Kreteria hasil evaluasi tugas individu adalah dari aspek: relevansi

c. penelusuran sumber, kesimpulan dan komentar atas sumber yang ditelusuri.

d. Presentasi kelompok ditinjau dari: teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan dan menyimpulkan.

Hasil Evaluasi:

Hasil evaluasi merupkan komulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 25 %, tugas kelompok. 15 %, Ujian Tengah Semester 20 % dan Ujian Akhir Semester 40 %.

Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:

A, Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 5 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

B. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok satu sebelum tanggal yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

.

C. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok tepat waktu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

.

D Jika hadir mengikuti perkuliahan kurng dari 70 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 5 hari dan kelompok tepat waktu yang telah ditentukan, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

.

E. Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari 60 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 10 hari dari waktu yang ditentukan dan mengumpul tugas kelompok terlambat 1 minggu dari telah ditentukan, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.

.

V. Jabaran kegiatan Perkuliahan dalam Pertemuan

Waktu Pertemuan Ke

Materi

Keterangan
14-9

1

Pembukaan Perkuliahan Penjelasan dari Tim Dosen
21-9

2

Makna Belajar dan Pembelajaran Tim Dosen
28-9

3

Teori Belajar Behavioristik Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
5-10

4

Teori Belajar Kognitif Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
26-10

5

Teori Belajar Kontruktivistik Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
2-11

6

Pengembangan Teori dan Dinamika Belajar Tim Dosesn
9-11

7

Azas dan prinsip Belajar dan Pembelajaran Tim Dosesn
16-11

8

Pembelajaran yang berpijak dari Teori Belajar Behavioristik Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
23-11

9

Pembelajaran yang berpijak dari Teori Belajar Kognitif Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
30-11

10

Pembelajaran yang berpijak dari Teori Belajar Kontruktivistik Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
7-12

11

UTS  
14-12

12

Pemanfaatan Sumber Belajar yang Didesain dalam Pembelajaran Tim Dosen
21-12

13

Pemanfaatan Sumber Belajar yang tidak didesain dalam Pembelajaran Tim Dosen
28-12

14

Analisis Kasus Pembelajaran di Kelas Studi lapangan/Tim Dosen
4-1-08

15

Pembahasan Kasus pembelajaran di kelas Seminar
11-1-08

16

UAS  

DAFTAR RUJUKAN

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Matakuliah : Pembelajaran Psikologi & Bimbingan

Semester : 3 sks

Jurusan/Program Studi : BK

Dosen Pengampu : Dr. H. Karwono, M.Pd

Drs. Triyono Wisnutomo, M.Pd

I. Deskripsi Perkuliahan

Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis penerpan prinsip-prinsip psikologis dalam proses bimbingan peserta didik dalam pembelajaran. Menelaah kondisi internal peserta didik dan upaya bimbingan belajar agar dapat mencapai hasil optimal dalam belajar. Menelaah taksonomi variabel dalam pembelajaran.

II. Tujuan Perkuliahan

a. Kompetensi Umum

Setelah berakhirnya semester ketiga mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UM. Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu: Mengidentifikasi prinsip-prinsip psikologi dan bimbingan peserta didik dalam praktek pembelajaran. Menganalisis karakteristik internal pserta didik dan upaya pembelajaran berdasarkan prinsip psikologi dan bimbingan. Mampu melakukan berbagai tindakan pembelajaran terhadap peserta didik dengan karakteristik individual tertentu.

b. Kompetensi Khusus

Setelah berakhirnya semester ketiga mahasiswa FKIP UM Metro yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:

1. Menjelaskan azas dan prinsip belajar dan pembelajaran

2. Mengidentifikasi prisip-prinsip psikologi dan bimbingan dalam pembelajaran.

3. Menganalisis kasus-kasus idividual dalam pembelajaran dan menemukan alternatif pembelajaran berdasarkan prinsip psikologi dan bimbingan.

4. Mengklasifikasikan karakteristik internal peserta didik berdasarkan prinsip psikologi belajar.

5. Menemukan alternatif bimbigan belajar perserta didik dalam pembelajaran berdasarkan karakteristik internal peserta didik.

6. Memiliki seperangkat keterampilan untuk dapat membantu peserta didik dalam mengoptimalkan potensi yang dimiliki dalam pembelajaran

7. Mengenali kasus-kasus pembelajaran individual dan menemukan alternatif bimbingan dalam pembelajaran di kelas.

III. Kegiatan Perkuliahan

Matakuliah ini dibina oleh tim dosen yang akan datang secara bersamaan dan atau bergantian, dengan metode yang digunakan melalui:

a. Ceramah dan tanya jawab

b. Penugasan secara kelompok untuk menelusuri sumber-sumber serta melakukan kajian, analisis serta evaluasi terhadap teori belajar dan pembelajaran.

c. Penugasan secara kelompok untuk melakukan observasi lapangan terhadap kasus-kasus praktek pembelajaran di kelas.

d. Penugasan secara individual untuk menemukenali berbagai kasus praktek pembelajaran dan upaya pembimbingan belajar berdasarkan prinsip psikologi belajar.

IV. Evaluasi

Kreteria:

  1. Kreteria evaluasi tugas kelompok dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis dan evaluasi serta presentasi hasil kajian Kreteria hasil evaluasi tugas individu adalah dari aspek: relevansi.
  2. Penelusuran sumber ditinjau dari aspek: kesimpulan dan komentar atas sumber yang ditelusuri.
  3. Presentasi kelompok ditinjau dari: teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan dan menyimpulkan.

Hasil Evaluasi:

Hasil evaluasi merupkan komulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 25 %, tugas kelompok. 15 %, Ujian Tengah Semester 20 % dan Ujian Akhir Semester 40 %.

Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:

A, Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 5 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester.dan semester. Nilai yang dicapai memenuhi persyaratan untuk itu.

B. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok tepat waktu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester. Nilai yang dicapai memenuhi persyaratan untuk itu.

C. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok tepat waktu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester. Nilai yang dicapai memenuhi persyaratan untuk itu.

D Jika hadir mengikuti perkuliahan kurng dari 70 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 5 hari dan kelompok tepat waktu yang telah ditentukan, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester. Nilai yang dicapai memenuhi persyaratan untuk itu.

E. Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari 60 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 10 hari dari waktu yang ditentukan dan mengumpul tugas kelompok terlambat 1 minggu dari telah ditentukan, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester. Nilai yang dicapai memenuhi persyaratan untuk itu.

IV. Jabaran Pertemuan ke dalam Jadwal Pertemuan

Waktu Pertemuan Ke

Materi

Keterangan
15-9

1

Pembukaan Perkuliahan Penjelasan dari Tim Dosen
22-9

2

Makna Pembelajaran Tim Dosen
6-9

3

Taksonomi Variabel dalam Pembelajaran Tim Dosen
6-10

4

Taksonomi Variabel dalam Pembelajaran Tim Dosen
13-10

5

Azas dan Prinsip Belajar dan Pembelajaran Tim Dosen
20-10

6

Prinsip-prisip psikologi dan bimbingan dalam pembelajaran Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
27-10

7

Karakteristik Peserta Didik Tim Dosen
3-11

8

UTS  
10-11

9

Karakteristik Peserta Didik Tim Dosen
17-11

10

Learning Disorder dan upaya pembelajarannya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
23-11

11

Learning Disabilitis dan upaya pembelajarannya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
30-11

12

Learning Disavantage dan upaya pembelajarannya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
6-12

13

Slow Learner dan Under Achiever dan upaya pembelajarannya Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
13-12

14

Pembelajran Individual Tim Dosen
20-12

15

Analisis kasus-kasus pembelajaran di kelas berdasarkan prinsip-prinsip psikologi dan anternatif pembimbingannya Studi lapangan/Tim Dosen
27-12

16

UTS  

DAFTAR RUJUKAN

Jadwal Kuliah Semester Ganjil 2007

Di FKIP UM. Metro

No Hari Waktu Matakuliah Prog Studi Ruang
1 Jumat
13.00-15.00 Belajar dan Pembelajaran B.Inggris FH-A
15.00-17.00 Belajar dan Pembelajaran Bio, Mat 21-22
2 Sabtu
08.00-10.00 Pembelajaran: Psikologi & Bimbingan BK 31
10.00-12.00  
  13.00-15.00 Belajar dan Pembelajaran Fis, BK, Ek, Sej, 21-22
15.00-17.00 Belajar dan Pembelajaran Bio, 21-22

Metro, 10 September 2007

Dosen Pengampu Matakuliah

Karwono/Triyono Wisnutomo

A-, Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 2 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester.

B-. Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok tepat waktu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester.

C- Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal 70 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 2 hari dan tugas kelompok tepat waktu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester.

About these ads

25 Responses to “SAP: BELAJAR DAN PEMBELAJARAN”


  1. 1 testsaya
    December 16, 2011 at 4:08 pm

    menarik sekali catatan bpk..

  2. 2 meska
    March 18, 2010 at 12:42 pm

    mf pak teorinya mana….?

  3. 3 rio
    January 12, 2010 at 8:50 am

    pak gimana cara nyari materi kuliah belajar dan pembelajaran di blokg bpk?

    tolong kasih tau ya pak………..!!!!!!

  4. 4 exellio
    December 13, 2009 at 1:51 am

    tolong pak materi kuliahnya dimuat juga dong

  5. November 19, 2009 at 4:50 am

    aslmwrwb.
    prof… kok power pointnya gag ada prof?

  6. 6 doddy
    November 18, 2009 at 4:28 am

    saya dapet tugas mencari tentang “metode”. maksudnya apa ya? kalo dilihat di SAP-nya kok ga ada ttg metode. mohon petunjuk ruang lingkup metode dalam mata kuliah ini.

  7. 7 kristina
    November 7, 2009 at 2:10 am

    saya mohon bantuannya, saya ada tugas dari kampus saya untuk mencari makala teori belajar revolusi sosiokultural dan juga teori belaja kecerdasan ganda dari mata kuliah belajar dan pembelajaran.

    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

  8. 8 Iah Roqiah
    November 3, 2009 at 2:55 pm

    Assalamu’alaikum Wr Wb. Saya ucapkan terima kasih atas referensi tentang sumber belajar. Tapi maaf pak, ada yang belum nih tentang Analisis Kasus Pembelajaran di Kelas. Tolong ya Pak, saya butuh sekali referensi untuk materi tersebut. Terima Kasih

  9. 9 Iah Roqiah
    October 27, 2009 at 4:30 pm

    Maaf Pak, saya ada tugas makalah untuk Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran, temanya Pemanfaatan Sumber Belajar yang didesain dalam pembelajaran dan Analisis kasus pembelajaran di kelas. Boleh ngga saya minta tolong bapak untuk membantu menambah referensi buat tugas saya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  10. 10 lucy
    October 20, 2009 at 3:20 am

    ass..
    pak saya mohon bantuannya, untuk penjelasan pembelajaran konstruktivisticnya.
    saya ucapkan terima kasih.
    wss..

  11. 11 m khairul
    October 14, 2009 at 3:20 am

    dan juga saya mau tanya juga teori belajar dan pembelajaran?

  12. 12 m khairul
    October 14, 2009 at 3:17 am

    saya mau bertanya kepada bapak, tips-tips belajar yang baik itu bagaimana? terimakasiah

  13. 13 adfd
    October 13, 2009 at 3:50 am

    halo pak how are you

  14. 14 Ahmad Tanaka
    April 2, 2009 at 2:18 pm

    Tolong pak materi kuliahnya juga dimuat di blog bapak

  15. 15 iin junaidah
    March 20, 2009 at 5:00 am

    pak saya mohon bantuannya, masalah-masalah dalam belajar itu apa saja? sebelum an sesudahnya saya ucapkan terima kasih

  16. 16 dewi
    March 16, 2009 at 12:18 pm

    saya ingin penjelasan tentang Teori levin dalam belajar dan pembelajaran, untuk memenuhi tugas kuliah saya!!
    terimakasih

  17. March 16, 2009 at 3:17 am

    ia nich pa!!
    kayaknya kita perlu teorynya belajar dan pembelajaran untuk reference

  18. 18 lia n ethi
    March 12, 2009 at 10:29 am

    pak saya bingung!!!!
    maaph ya
    kita butuh referensi tentang belajar dan pembelajaran
    kan kita masih baru smester II jd mohon bantuannya

  19. 19 wati
    February 24, 2009 at 6:53 am

    pak saya mau nanya…
    faktor yang mempengaruhi belajar dan pembelajaran itu apa saja?
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

  20. February 10, 2009 at 12:49 pm

    pak minta tolong informasi SAP mata kuliah perlembangan peserta didik ? sblumnya saya ucapkan terima ksih

  21. 21 Tio
    February 10, 2009 at 6:51 am

    maaf pak. minta penjelasan tentang apa itu proses, apa itu pembelajaran ada apa itu proses pembelajaran. saya kurang memahami. tolong ya pak..?

  22. November 13, 2008 at 2:20 pm

    saya mohon bantuannya, saya ada tugas dari kampus saya untuk mencari arti dari belajar dan pembelajaran.

    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

  23. 23 nda
    November 5, 2008 at 5:57 am

    teorinya mana?
    ko cuma kontrak kuliahnya az?

  24. October 5, 2008 at 3:19 am

    makasih banyak pak, saya ambl sebagai referensi ya…

  25. 25 sany
    September 15, 2008 at 1:22 pm

    apa sih pa???? saya tidak mengerti


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


karwono

a

KALENDER

November 2007
M T W T F S S
    Dec »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: